Memahami Kode Sasis Truk dan Bus Mercedes-Benz di Indonesia

Memahami Kode Sasis Truk dan Bus Mercedes-Benz di Indonesia
Ada beda antara kode sasis truk dan bus
 

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) memiliki sederet sasis bus dan truk Mercedes-Benz untuk pasar Indonesia. Umumnya sasis bus dikategorikan berdasarkan kode nama dengan kombinasi huruf dan angka, berbeda halnya sasis truk yang dipertegas nama tipe truk baru disusul kode tertentu.

"Saya ambil contoh Axor 2528 CX sudah jelas ini tipe truk Axor dengan angka 25 menunjukkan Gross Vehicle Weight (GVW) yakni berat kendaraan tunggal ditambah berat muatan dalam satuan ton. Sementara 28 merujuk pada output mesin dikali 10 jadi tenaga truk ini 280 hp. Lalu CX kependekan dari Contruction Xtra terkait tipe truk,"  terang Imam Sujono, Training Manager Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) kepada bus-trucks.id. 

Pengelompokan tipe truk Mercy Axor sendiri terbagi atas R (Rigid) yang dipahami bak atau karoseri tambahannya ada di atas sasis. Ada juga C kependekan dari Construction, RMC atau Ready Mix Concrate untuk truk pengaspalan atau pemadatan jalan, CH yakni Contruction with Hub, serta TT yang berarti Tractor Trailer. 

Variasi tipe di Actros dan Arocs jauh lebih banyak (Momot)

Kode sasis Axor sedikit berbeda dengan truk Arocs/Actros yang beragam dengan kode nama lebih spesifik tak hanya untuk kebutuhan konstruksi tapi juga untuk area tambang. Mulai dari Arocs 4042 K (6x4), Arocs 4045 AK (6x6), Arocs 4845 K (8x4), Arocs 4048 AS (6x6), Arocs 2551 A (4x4) hingga tractor head semisal Actros 2636 LS (6x4), Actros 3351 S (6x4), dan Actros 4048 S (6x4). 

"Tidak berbeda jauh dengan penamaan di Axor, saya ambil contoh Arocs 4048 AS (6x6). Jadi kapasitas total kendaraannya itu 40 ton, kemampuan mesin atau output mesin 48 dikali 10 jadi 480 hp. Nah AS merujuk pada tipe kendaraan All-wheel drive semi trailer tractor vehicle dan 6x6 itu kofigurasi roda (penggerak)," urai Imam lagi.

Adapun variasi tipe di Actros dan Arocs jauh lebih banyak yakni seperti A yang berarti All-wheel drive platform vehicle, AK All-wheel drive dumper vehicle, AF All-wheel drive Fire-fighting vehicle. B merujuk pada concrate mixer, K dumper vehicle, LKO air spring municipal vehicle, KK crane dumper vehicle, S semitrailer tractor vehicle, DNA Dual-tired trailing axle dan masih banyak lainnya. 

Mercy Single Axle umumnya dipasangkan bodi MHD Jetbus 5 (Momot)

Hal ini tentu sedikit berbeda dengan kode sasis bus Mercy. "Contohnya sasis bus OH 1626 L. O artinya Omnibus (bus), H itu Hinter dalam bahasa Jerman artinya di belakang kalau F itu kependekan Front atau depan. Jadi OH menujukkan bus ini bermesin di belakang. Lalu 16 menujukkan Gross Vehicle Weight yakni 16 ton bertenaga 26 dikali 10 yakni 260 hp dan L itu air-spring platform vehicle simpelnya pakai suspensi udara dengan balon," tutup Imam.

Baca juga: Begini Cara Baca Kode OH, OF, dan OC Pada Bus Mercy

Baca juga: Transmisi Otomatik Bus Mercy Pas Buat Jalan Tol