Kamaz ‘Robocop’, Dikemudikan Oleh Sensor

Kamaz ‘Robocop’, Dikemudikan Oleh Sensor
Cocok untuk wilayah dengan kondisi maupun cuaca ekstrem
 

Pabrikan truk asal Rusia, Kamaz, bikin gebrakan di akhir tahun dengan merilis dump truck yang kali ini tidak lagi butuh tenaga pengemudi. Karena pada truk yang dibangun dari basis seri Atlant 49 itu nyata kabinnya bersi barisan sensor dan komputer mutakhir.

Memang truk ini masih dalam versi purwarupa alias prototype namun diklaim pihak Kamaz bahwa truk dengan formasi gerak roda 8x4 ini sudah ‘siap’ beroperasi di area pertambangan. Dan karena memang peruntukannya sebagai kendaraan angkut berat maka daya angkutnya juga tidak kecil alias 49 ton.

Truk dengan mesin turbo diesel seri 910.11-500 yang bisa hasilkan 500 daya kuda dengan bantuan transmisi otomatis 7 percepatan dengan fitur hydromechanical buatan Alison. Bobot truk ini sendiri 23 ton.

Pihak Kamaz sendiri belum mengisyaratkan soal jumlah produksi untuk truk baru ini. Namun sudah dicanangkan bahwa area pertambangan merupakan wilayah yang tepat bagi pengoperasian truk tanpa driver itu.

Truk yang konon akan bertugas di wlayah tambang di wilayah Siberia ini memang tercipta untuk menekan potensi celaka pada pengemudi saat berada di wilayah yang bercuaca ekstrem. Ya, sudah barang tentu Siberia yang kaya akan batu bara itu memang lokasi sesuai untuk truk autonomous.

Meski tidak ada pengemudinya namun semua gerak laju kendaraan angkut ini dipantau penuh oleh sejumlah operator di sebuah control room.

Bagi Kamaz sendiri ini merupakan kesekian kalinya dilakukan pembuatan produk purwarupa dan juga rangkaian tes intensifnya. Tagun 2017-2018 merupakan masa awal pabrikan yang produknya sudah ada di Indonesia ini melakukan percobaan truk tanpa pengemudi. Waktu itu dilakukan uji langsung atas Kamaz 43118 pada medan bersalju dan berlapis es di area Siberia juga.

Baca juga : Truk Masa Depan Versi Hyundai

Baca juga: Kenali Alasan Truk di Indonesia Tak Lagi Bermoncong Panjang

Siberia sangat berbahaya bagi pengemudi karena potensi suhu udaranya yang bisa sangat rendah