Kenworth: Bagian Sejarah Bangsa Amerika

26 June 2024
Erie W. Adji
 
Setia dengan desain klasik namun fungsional
 

Kenworth merupakan salah satu produsen kendaraan komersial di Amerika Serikat yang berdiri sejak 1923. Spesialisasinya merilis produk di segmen heavy duty atau disebut “Class 8” dan medium duty yang klasifikasinya resminya dinamakan “Class 5-7”.

Berkantor pusat di Seattle negara bagian Washington telah menjadikan Kenworth bukan hanya produsen truk biasa. Setiap lini produknya bisa disebut sebagai bagian dari sejarah negara Adi Daya itu sejak awal kehadirannya.

Hingga kini lini produk pabrikan yang ‘bersaudara’ dengan truk merek Peterblit ini masih mempertahankan sejumlah desain dasar yang serupa dengan desain awal. Seperti; kompartemen driver yang beratap tinggi serta ada varian sleeper cab.

Versi 1923, ketika perintisnya Harry Kent dan Edgar Worthington masih hidup

Selain itu, ternyata desain high roof itu sejak awal sudah didesain dengan memperhitungkan faktor aerodinamika. Sebagaimana nampak pada model W900 yang siluetnya klasik dan masih dipertahankan sejak muncul pertama tahun 1961. Bonnet yang khas muncul banyak di berbagai film lansiran Hollywood sejak kehadiran perdananya.

Legendarisnya desain W900 juga teridentifikasi dengan mudah pada model K100 yang desain dasarnya disebut COE, Cab Over Engine. Rilis perdana tahun 1963 hingga stop produksi pada tahun 2003.

Berbagai model maupun varian truk Kenworth punya pilihan mesin dari Caterpillar, Cummins, Detroit Diesel, dan PACCAR.

Model COE, Cab Over Engine, versi terbaru ada dinamai model K270 dan K370

Begitu legendarisnya Kenworth membuat banyak kegiatan selebrasi atas berbagai hal yang berkaitan dengan merek satu ini. Seperti beberapa waktu lalu (20/6), ada parade berbagai model serta tahun produksi Kenworth yang bertepatan dengan perayaan setengah abad unit produksi yang berlokasi di Chillicothe di negara bagian Ohio.

Kemeriahan itu berhias 60 model Kenworth dari berbagai tahun produksi dan juga varian. Termasuk model buatan tahun 1923.

Baca juga: Honda Bikin Truk Konsep Tenaga Hidrogen

Baca juga: Hino L Series: Kampiun Truk Angkut Menengah Di Amerika

Model bonnet sejak awal sudah diperhitungkan unsur aerodinamika

Seri T680 merupakan produk yang diproduksi sejak 2013 hingga kini

Seri W900 masih diproduksi sejak tahun 1961

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait