Honda Bikin Truk Konsep Tenaga Hidrogen

Honda Bikin Truk Konsep Tenaga Hidrogen
Untuk merespon demand tahun 2050
 

Bicara Honda bikin truk pasti membuat banyak yang mengira itu adalah pikap, sebagaimana disebut di Amerika Serikat sebagai truck. Namun ternyata Honda benar-benar membuat dalam arti, desain, termasuk dimensi. Bahkan kali ini lebih spesial karena proyeksi bahan bakarnya adalah hidrogen.

Akhir Mei lalu, di ajang Advanced Clean Transportation (ACT) Expo di Las Vegas telag dilansir secara perdana truk dengan nama resmi “Class 8 Hydrogen Fuel Cell Truck Concept”.

Pihak Honda menyebut bahwa konsep truk itu ditujukan untuk merespon perkembangan kendaraan bermotor yang ramah lingkungan sekaligus menyiapkan jalan bagi Honda sendiri yang mengincar posisi sebagai produsen kendaraan bermotor bahan bakar hidrogen di tahun 2050.

Truk “Kelas 8” merupakan segmen tertinggi dari dunia truk mapun pikap di Amerika Serikat. Ini merupakan segmen kendaraan angkut berat alias “heavy duty” dengan tonase 14969-36.287 kilogram. Nama-nama besar seperti Peterbilt, Volvo, bahkan Tesla berada di segmen ini.

Ini mesin untuk truk hidrogen buatan Honda, dimensinya jauh lebih kecil dibandingkan mesin konvensional

“Segmen kendaraan komersial di Amerika, termasuk ‘Kelas 8’, merupakan segmen dimana isu penggantian bahan bakar solar konvensional dengan jenis hidrogren sangat mengemuka, hal ini sejalan dengan visi Honda di bisnis pemberdayaan bahan bakar hydrogen,” ungkap Ryan Harty, Assistant Vice President, sustainability & business development, American Honda Motor Co., Inc..

Sejurus kemudian diterangkannya lagi bahwa pihak Honda terus aktif mencari partner yang sepemikiran dalam mengembangkan bisnis kendaraan hidrogen di Amerika Serikat. Salah satunya bersama General Motors dalam pengembangan sistem fuel cell mulai dari tahap riset dasar hingga proses produksi peranti.

Kolaborasi keduanya sebenarnya sudah terjalin lama, sudah sepuluh tahun lalu kedua pabrikan fokus dalam pengembangan energi alternatif untuk kendaraan bermotor. Bahkan kini pihak Honda sendiri setidaknya sudah punya empat pilar dalam pengembangan kendaraan dan juga energi alternatif. Sebut saja; kendaraan fuel cell electruc (FCEV), kendaraan komersial fuel cell, stasiun isi ulang daya, dan unit bisnis pembangunan instalasi energi ramah lingkungan.  

Sebagai sebuah kendaraan konsep, truk ramah lingkungan Honda kali ini punya spesifikasi: 

  • Panjang x lebar x tinggi :  8,000 x 2,400 x 4,000 (mm)
  • Berat (GWC)   `              : 37.273 kilogram
  • GCW (make up)             : bobot gandengan 12.918 kilogram, beban 24.255 kilogram
  • Top speed                      : 112 km/jam
  • Jarak tempuh                 : 640 kilometer (GCW)
  • System output                : 240 kW, combined 80 kW x 3 FC system
  • Tangki hidrogen              : 700 bar H2 82 kilogram
  • Baterai                            : 120 kWh ( high voltage)

Baca juga: Honda Kolaborasi Isuzu Riset Truk Hidrogen

Baca juga: Honda Kolaborasi Isuzu Riset Truk Hidrogen