Modifikasi Truk Volvo VNL 860 Jadi Apartemen Mewah Berjalan

Modifikasi Truk Volvo VNL 860 Jadi Apartemen Mewah Berjalan
Volvo VNL 860 jadi campervan
 

Pasangan suami-istri Larry Hendricks dan Sarah dari Amerika Serikat berhasil mewujudkan impian mereka memiliki sebuah campervan jumbo dari basis truk Volvo.

Enggak tanggung-tanggung, truk Volvo VNL 860 2023 dirombak total kabinnya menjadi sleeper cab dibantu ARI Legacy Sleepers.

Perusahaan asal Indiana,  ini sukses membuat kabin tidur berukuran 240 inci (6,1 meter) dengan semua fasilitas layaknya apartemen mewah berjalan. 

Melihat eksterior truk, kita tentu menyadari jika ini bukan lagi truk pengangkut logistrik dari pabrik karena modifikasi wheelbase cukup ekstrem. 

Lebih panjang dari ukuran medium bus ukuran Indonesia

ARI memasang bantalan custom yang kokoh dan bikin jarak sumbu roda melar hingga 378 inci (9,6 meter). menyatu dengan ubahan di bodi belakang memakai logam yang dipoles mengilap. 

Selain instalasi lampu-lampu menerangi bagian samping, atap, dan atas kabin. Truk Volvo VNL 860 ini nampak makin unik dengan laburan grafis airbrush dengan kombinasi warna merah marun, biru tua, dan cat putih. Sekilas membuat truk ini nampak lebih mewah.

Tetapi keajaiban sesungguhnya ada di area kabin. Mulai dari desain dapur kompak yang dihias wastafel berlapis perunggu plus kran dari logam gelap. Ada juga semacam dudukan portable yang dapat digeser sebagai area untuk menyiapkan makanan.

Tersedia juga kulkas dengan pengunci agar pintu kulkas tidak terbuka tiba-tiba saat truk tengah bermanuver di jalan. 

Nyaris tidak berbeda dengan dapur rumahan

Area ruang makan truk ini nampak mewah berpadu kabinet penyimpanan yang dirancang bergaya aristokrat terbuat dari kayu gelap.

Hal utama lain yang tidak luput dari perhatian tentu saja detail kamar mandi. Area ini dan toilet berada di ruang yang sama dengan ornamen keramik dinding di bagian atas dan plafon memakai warna tembaga.

Fitur lain seperti dikutip dari Facebook ARI Legacy Sleepers ialah area ruang duduk yang nyaman dan mewah. Bahkan tersedia juga area penyimpanan sepeda motor. 

Area penyimpanan motor

Berbekal bobot yang bertambah, truk ini tetap menggunakan mesin standar berkode D13TC. Mesin Direct Injection Diesel berkapasitas 13.000cc 6 silinder segaris ini siap merilis tenaga 456 dk dengan torsi maksimal 2.520 Nm.