Pengangkut Sampah di Prancis Akan Pakai Truk Renault Bertenaga Listrik

Pengangkut Sampah di Prancis Akan Pakai Truk Renault Bertenaga Listrik
Rencananya tahun ini angkutan sampah di kota tersebut akan dilayani oleh truk listrik dari Renault yang bertipe D Wide ZE.
 

Kepedulian negara-negara di Eropa akan lingkungan salah satunya dibuktikan dengan ketatnya aturan tentang emisi kendaraan di sana. Tak heran jika kendaraan niaga di Benua Biru itu mulai beralih memakai energi listrik.

Tak terkecuali di Paris, Prancis. Di mana rencananya tahun ini angkutan sampah di kota tersebut akan dilayani oleh truk listrik dari Renault yang bertipe D Wide ZE.

Dilansir situs resminya, Renault D Wide ZE akan bertugas sebagai pengangkut sampah limbah rumah tangga di kota yang terkenal akan Menara Eiffel tersebut. Untuk kebutuhan ini, dibutuhkan truk Renault D Wide ZE tipe 26 ton.

"Model itu adalah produk hasil kemitraan antara SUEZ, sebagai pemimpin bisnis lingkungan di Prancis dan Renault Trucks," kata Olivier Metzger, Direktur Energi Alternatif Renault Trucks Prancis.

Truk sampah yang dibuat di Blainville-sur-Orne, Prancis, diklaim memiliki beberapa keunggulan. Mulai dari bebas biaya BBM yang kerap menjadi momok di Eropa. Serta kemudahan dan murahnya biaya perawatan.

Selain itu, truk ini dapat mengangkut sampah dari wilayah-wilayah yang memiliki standar emisi ketat. Dari sisi ramah lingkungan, selain tak menghasilkan polusi udara, Renault D Wide ZE juga bebas suara bising yang kerap hadir di mesin diesel.