Penggunaan 'Topi' Di Truk, Ternyata Bukan Cuma Hiasan

Penggunaan 'Topi' Di Truk, Ternyata Bukan Cuma Hiasan
Komponen yang berada di atas atap tersebut, memang dijual terpisah sebagai aksesoris. Mempunyai banyak manfaat selain memberi kesan estetik yang lebih baik.
 

Salah satu aksesoris yang kerap hadir di bagian 'kepala' truk adalah panel tambahan yang mirip topi atau jambul. Ternyata selain topi itu tidak hanya berfungsi untuk menambahkan kesan estetik pada truk saja lho. Ada juga fungsi lainnya.

Seperti dijelaskan oleh Thomas Aquino Wijonarko, Instruktur Training Center Isuzu beberapa waktu lalu. Menurutnya, secara fungsi topi tersebut berguna untuk mengurangi hambatan angin atau memberikan efek aerodinamika yang lebih baik.

"Karena udara tak langsung kena bak atau boks, udara sehingga lebih aerodinamis. Hal ini juga aturan dari pemerintah, terutama kalau tinggi box lebih dari kabin," katanya. Hambatan angin yang semakin lancar dengan perangkat landai ini, membuat konsumsi bahan bakar akan lebih irit, terutama ketika melaju di kecepatan tinggi, seperti di jalan tol. Selain itu, stabilitas juga meningkat, karena tak ada turbulensi udara ketika angin 'menabrak' bagian depan boks, jika tanpa 'topi' aerodinamika itu.

Lebih lanjut Thomas menyatakan jika secara penjualan, komponen tersebut memang dijual terpisah sebagai aksesoris. "Biasanya banyak dijual di kawasan Surabaya dan Semarang."

Dari pihak pabrikan Isuzu sendiri baru unit Traga yang sudah ada dijual langsung dengan aksesoris tersebut. Tentunya diutamakan pada unit boks.