BrightDrop, Calon Raksasa Van Listrik?

BrightDrop, Calon Raksasa Van Listrik?
Ribuan unit terpesan sampai tahun 2025
 

General Motors ternyata akan mendulang sukses di pasar mobil listrik lewat perusahaan asuahannya, BrightDrop. Ya, perusahaan yang didirkan awal tahun 2021 ini akan mengirimkan salahsatu model larisnya yaitu Zevo ke sejumlah perusahaan ekspedisi kelas dunia yang beroperasi di Kanada dan Amerika Serikat.

Paling tidak ada 500 unit Zevo yang akan dikirimkan ke pemesannya seperti FedEx, Walmart, DHL Express, Purolator, American Tire Distributors, WasteNot, sampai Rexel. Unit produksi yang ada di Kanada yang kebagian tugas membuat serta mengirimkan lebih dari seribu unit Zevo ke tiga puluh pemesannya.

Itu belum termasuk pesanan raksasa persewaan kendaraan Ryder yang sudah memesan 4.000 unit Zevo yang harus sudah terkirim di tahun sepanjang tahun 2025.

Semua itu hasil investasi general Motors di tahun 2021 yang sebanyak 800 juta dolar AS, setara Rp 12 triliun, khususnya untuk membiayai beroperasinya unit produksi yang berada di kota Ingersol, Kanada.

Keberhasilan mendapatkan pesanan bertubi itu membuat BrightDrop bisa membukukan pemasukan sebesar 1 miliar dolar AS di tahun 2023. Menjadikan perusahaan ini termasuk yang tercepat dalam memenuhi target pemasukan untuk perusahaan sekelasnya.

BridghtDrop tadinya merupakan incubator bisnis General Motors yang berada di divisi Global Innovation yang secara khusus menelaah konsep mobilitas pengiriman barang di perkotaan. Dan khusus untuk FedEx, merupakan pemesan pertama di tahun 2021 untuk Zevo sebanyak 600 unit.