Diam-diam MAB Siapkan Van Listrik, Ini Speknya

Diam-diam MAB Siapkan Van Listrik, Ini Speknya
Van listrik berjuluk MV5-E punya spesifikasi yang cukup sebagai modal bersaing dengan van listrik asal Tiongkok, DFSK Gelora E. Seperti apa?
 

Berbeda dari produk busnya yang sudah hadir di pameran otomotif nasional, maka van dari produsen mobil dalam negeri Mobil Anak Bangsa (MAB) masih terdengar asing.

Meski demikian van listrik berjuluk MV5-E punya spesifikasi yang cukup sebagai modal bersaing dengan van listrik asal Tiongkok, DFSK Gelora E. Seperti apa?

Dari sisi dimensi, MV5-E memiliki total panjang 4.498 mm dan lebar 1.940 mm dan wheelbase 2.900 mm. Tak jauh beda dari dimensi Gelora E yang memiliki panjang 4.500 mm dan lebar 1.680 mm.

Untuk eksteriornya terbilang standar, tanpa kesan futuristik khas mobil listrik. karena hanya dibekali headlamp proyektor dan foglamp halogen.

Pintu tengahnya model engsel di kedua sisi, bukan geser. Sedangkan pintu belakang masih model bukaan engsel samping yang bisa dibuka sebagian. Bukan model hatchback pada van saat ini.

Untuk penggeraknya, ada motor listrik bertenaga 30-60 kW dengan torsi 90-220 Nm. Motor tipe permanent magnet synchronous machine ini didukung baterai Lithium Ion 125 Ah.

Pengecasan baterai secara plug-in butuh waktu sekitar 2 jam untuk fast charging. Serta 8 jam untuk pengisian penuh. Daya jelajah MV5-E diklaim mencapai 215 km dan top speed hingga 80 km/jam.

Kabarnya saat ini MV5-E tengah memasuki tahap penjajakan sebagai armada angkutan kota di Jakarta.