Ford Transit Edisi 2020 Gunakan Fitur All Wheel Drive dan Mesin Baru

Dengan menambahkan fitur AWD dan mesin baru, Ford berharap van Transit generasi terbaru ini bisa memberikan kenyamanan lebih baik dan fungsi maksimal kepada pemiliknya
 

Ford menyegarkan tampilan van kargo dan penumpang Ford Transit untuk edisi 2020 dengan menghadirkan fitur penggerak seluruh roda atau all wheel driv (AWD) dn mesin diesel baru V6 yang lebih efisien. Keputusan Ford membenamkan fitur AWD dan mesin baru ini tak lepas dari munculnya fenomena anak muda yang kini lebih suka tinggal di van ketimbang di apartemen karena mahalnya biaya hidup dan harga sewa apartemen seperti fenomena yang terlihat di San Fransisco, AS. 

Dengan menambahkan fitur AWD dan mesin baru, Ford berharap van Transit generasi terbaru ini bisa memberikan kenyamanan maksimal kepada pemiliknya untuk mendukung akivitas harian mereka: untuk bekerja atau tinggal atau dua-duanya sekaligus. 

Pintu geser, memudahkan akses di tempat sempit

Mengutip situs Car and Driver, Rabu (6/3/2019), Ford Transit terbaru menawarkan belasan konfigurasi ruang kabin yang bisa dipilih, didukung dengan beragam perlengkapan dan biaya operasional yang relatif rendah. Ini menjadi salah satu kunci sukses Ford sejak pertama kali memperkenalkan model van Transit di 2015. 

Mesin diesel 3.700 cc, V6 di Ford Transit generasi sebelumnya digantikan dengan mesin dengan volume lebih kecil, 3.500 cc, V-6 EcoBoost direct injection bertenaga 310 horse power. Mesin ini serupa dengan mesin diesel 3.300 cc V6 yang digunakan pada  Ford F-150 pikap double cabin yang bertenaga 290 horse power.

Dasbor dan panel instrumen modern memberikan kenyamanan tersendiri

Untuk transmisinya, Ford memakai transmisi otomatik 10 percepatan. Untuk pasar Eropa, Ford akan memasarkan Transit dalam versi AWD seluruhnya. Sementara untuk pasar AS tidak. Mesin Transit yang ditawarkan untuk konsumen di AS diklaim mampu menyemburkan 100 persen torsi ke roda depan alias berpenggerak roda depan.

Eksterior Transit terbaru menggunakan grill berdesain heksagonal sebagai titik pusat perhatian pada bagian depan dengan bar yang diberi sentuhan krom. Namun bilah bar pada gril ini dikurangi jumlahnya dari enam menjadi hanya tiga. Gril yang menjadi lebih menganga ini membuat pendinginan ke ruang mesin EcoBoost tersebut menjadi lebih maksimal.

Untuk headlamp, van Ford Transit terbaru sudah mengadopsi lampu LED dengan Daytime Running Lights (DRL),  sebelumnya lampu utama masih menggunakan bohlam halogen. Pintu geser juga masih menjadi fitur yang baik untuk versi angkutan penumpang maupun kargo.

Overhang belakang panjang, memberikan kapasitas angkut maksimum

Untuk mendukung kenyamanan selama berkendara, Ford Transit terbaru juga sudah didukung fitur hiburan dengan dukungan layar sentuh berukuran 8 inch di dasbor dengan infotainment system Sync 3. Head unit di Ford Transit terbaru sudah mendukung konektivitas ke Apple CarPlay dan Android Auto. 

Fitur keselamatan pada van ini antara lain, automated emergency braking, pendeteksi pejalan kaki, lane-keeping assist, dan automatic high-beams. Ditambah pula fitur adaptive cruise control, blind-spot monitoring, dan opsi parkir otomatis (parking assist).