Ford Transit, Van Yang Digemari Oleh Bandit Dan Polisi

Ford Transit, Van Yang Digemari Oleh Bandit Dan Polisi
Pada tahun 70 - 80-an van ini pernah tercatat sebagai mobil paling favorit digunakan rampok dan bandit. Kepolisian Inggris menyebut bahwa 90% perampokan dan pembobolan rumah melibatkan mobil ini.
 

Siapapun yang pernah tinggal di daratan Eropa utamanya di Inggris, akan familiar dengan van ini. Sejak dikenalkan pada 1965, van ini punya reputasi yang cukup baik dan digunakan secara luas terutama di sektor komersial. Tetapi tak sedikit yang menjadikannya mobil penyadap oleh kepolisian.

Banyak manfaat positif van ini, tetapi hal negatif juga melekat padanya. Karena kabinnya lega dan lincah bermanuver, bandit dan pencuri di era '70-an hingga '90-an, menjadikannya kendaraan favorit. Tak heran jika berdasarkan Autocar.uk, 95% perampokan bank dan rumah melibatkan mobil ini.

Transit Gen I

Sebagai pengganti Ford Taunus Transit pada 1965, produk rancangan Ford Inggris ini, dibuat sebagai kendaraan kargo dengan penggerak roda belakang. Pilihan mesinnya cukup unik ketika itu, karena cukup beragam pilihan. Mesin bensin V4, dengan kapasitas 1.300 cc hingga 2.500 cc, serta yang terbesar adalah V6, 3.500 cc. Sedangkan peminum solar juga ada mesin 4 silinder segaris 1.800 cc dan 6 silinder segaris 3.300 cc.

Sempat terjadi ubahan cukup besar pada 1977, terlihat dengan desain yang mengotak. Tak salah jika banyak yang mengingatnya sebagai sosok Ford Ecoline di era '70-an. Van full size yang laku keras di Amerika Utara.

Transit Gen I Mk2

Pada saat yang sama, Ford menanggalkan mesin V4 dan mulai menggunakan mesin 4 silinder segaris, berkapasitas 1.600 hingga 2.000 cc. Sedangkan untuk versi V6 bertambah dengan kehadiran 2.800 cc . Varian diesel pun bertambah pilihan mesinnya dengan tambahan mesin 4 silinder segaris, 2.500 cc dan 6 silinder segaris, 4.100 cc.

Ubahan cukup signifikan terjadi pada 1986, Generasi II hadir dengan memperkenalkan struktur bodi monokok untuk pertama kalinya pada Transit, hal ini membuatnya memiliki bobot lebih ringan dan mutu pengendalian pun lebih baik.Pada 1995 facelift dilakukan, tetapi tidak ada perubahan speksifikasi dasar pada mesin dan konstruksi.

Generasi II ini berakhir kiprahnya pada 2003 dan menjadi model dengan masa produksi terpanjang dalam sejarah Transit. Bahkan produk lisensinya Jiangling Motor masih memperoduksi van ini hingga sekarang, dengan mempertahankan struktur dan desain dasarnya.

Ford Transit Gen II MK 1

Lantas Generasi III diluncurkan tahun 2000 di Inggris, cukup unik, karena di beberapa negara Eropa masih memasarkan generasi II dan masih cukup populer. Tetapi generasi III menawarkan konstruksi multi-layout yang merupakan hal baru, sehingga Transit memiliki berbagai pilihan, mulai penggerak roda depan, penggerak roda belakang dan all-wheel drive.

Transit Gen III MK2

Generasi IV hadir pada 2013, seperti halnya model-model sebelumnya, semua Ford Transit dikembangkan dengan melibatkan Ford UK dan Ford Amerika Utara. Namun untuk pertama kalinya model ini dijajakan di Amerika Utara. Khusus untuk Amerika Serikat, model ini menggantikan posisi Ecoline, sedangkan di Kanada model ini dipasarkan berdampingan dengan Ecoline.

Model ini dipasarkan secara luas di pasar Eropa, Amerika Utara, Asia (Cina), Eropa Timur dan juga beberapa negara di Afrika. Sehingga pilihan mesinnya pun jadi lebih beragam, mulai dari mesin diesel 2.000 cc hingga 3.200 cc atau mesin bensin dari 2.000 cc hingga mesin V6 3.500 cc EcoBoost, seperti yang digunakan pada Ford F Series Raptor.  

Ford Transit Gen IV Dually