MAN Kenalkan Van Khusus Wilayah Bersalju, Tampangnya Sangar!

MAN Kenalkan Van Khusus Wilayah Bersalju, Tampangnya Sangar!
Mobil combi van TGE 3.180 4x4 dilengkapi penggerak model rantai berbahan karet yang jamak ditemui di kendaraan snowmobile.
 

Di Indonesia pabrikan asal Jerman MAN dikenal sebagai produsen truk dan bus. Tapi di Eropa produknya lebih beragam, termasuk van. Menariknya, salah satu produknya adalah van dengan ban tipe rantai khusus wilayah bersalju.

Seperti dilansir Autoevolution, MAN memperkenalkan mobil van tersebut di Austria belum lama ini. Mobil combi van TGE 3.180 4x4 dilengkapi penggerak model sabuk berbahan karet yang jamak ditemui di kendaraan snowmobile.

Hal ini membuat TGE 3.180 4x4 mampu melibas medan yang tertutup salju atau padang rumput berlumpur. Menurut pabrikan Jerman, combi van 4x4 pada dasarnya adalah MAN TGE yang diubah menjadi track drive.

Konversi memungkinkan untuk digunakan selama musim dingin dengan penggerak rantai dan di musim panas dengan ban biasa. Cocok mengangkut hingga delapan penumpang ke resor pegunungan bersalju.

Menurut MAN, konversi tersebut dapat diterapkan ke seluruh jajaran vannya. Mirip dengan penggantian roda, perakitan dan pembongkaran memakan waktu kurang dari satu jam.

Konsekuensinya, jenis roda ini menambah berat tambahan sekitar 300 kg. Serta, lebar TGE juga bertambah menjadi 2.400 mm. Selain itu, kecepatan tertingginya pun hanya 50 km/jam.