Mercedes-Benz Citan, Van Komersial Mungil Berkemampuan Besar

Mercedes-Benz Citan, Van Komersial Mungil Berkemampuan Besar
Mercedes-Benz meluncurkan All-New Citan, sebuah van kompak dengan varian Panel Van dan Tourer yang melengkapi jajaran kendaraan komersial Mercedes, di bawah Vito dan Sprinter yang lebih besar.
 

Seperti generasi sebelumnya, Citan baru berbagi fondasi dengan Renault Kangoo. Selain Citan dan eCitan elektrik yang ditujukan untuk kalangan profesional, Mercedes-Benz akan segera meluncurkan T-Class serupa dan EQT elektrik setara dengan desain yang lebih premium.

Jika diperhatikan, desainnya masih sangat kental persamaan dengan saudara asal Prancisnya itu. Hanya saja bagian depan dan belakang, dirancang sendiri oleh desainer pabrikan asal Jerman ini.

Lampu depan  pada versi tinggi yang menggunakan teknologi LED, akan tampak mirip dengan B-Class, sementara bumper, kap mesin, dan grill setara dengan bahasa desain terbaru Mercedes.

Seperti dilansir Carscoops, Citan memiliki panjang 4.498 mm dan wheelbase 2.716 mm Di masa depan, Mercedes juga akan menawarkan varian long wheelbase dengan ruang interior lebih luas.

Seperti umumnya kendaraan komersial, desiannya mengutamakan kepraktisan, dengan satu atau dua pintu geser, namun memungkinkan bukaan 615 mm.

 

Di bagian belakang, terdapat dua pintu asimetris dengan sudut 180 derajat untuk Citan Panel Van, dengan tinggi bukaan 1.059 mm dan tailgate tunggal opsional untuk Citan Tourer.

Jika menggunakan dinding partisi fleksibel, Van Panel Citan dapat membawa barang berukuran panjang hingga 3,05 m sementara area kargo berada 590 mm dari permukaan tanah.

 

Meski tergolong tipe van paling kecil dar Mercedes-Benz, Citan memiliki kapasitas muat hingga 2,9 m3 dan kemampuan tarik (towing capacity) hingga 1,5 ton.