Proace City EV, Minivan Kelas Pengangkut Yang Bergaya

Proace City EV, Minivan Kelas Pengangkut Yang Bergaya
Proace City EV ini, memiliki kemampuan yang sama dengan versi mesin bensin, namun rendah emisi dan lebih senyap.
 

Tak sampai dua tahun, Toyota merencanakan akan menambah jajaran Proace City yang bermesin listrik. Setelah Proace Verso EV (listrik) meluncur, beberapa bulan kemudian pabrikan asal Jepang itu meluncurkan versi kendaraan niaga ringan (Light Commercial Vehicle, LCV) atau cargo dan versi penumpang.

Seperti dilansir dari laman Carscoops, mirip dengan Proacae Verso, Proace City yang lebih kecil ini dibangun oleh PSA Group (sekarang tergabung dalam grup Stellantis), yang juga membuat van kompak seperti Peugeot Partner, Citroën Berlingo dan Opel/Vauxhall Combo.

Proace City akan dipasarkan di Eropa pada kuartal keempat tahun ini dan ada beberapa konvigurasi, seperti Panel Van, 5-seater dan 7-seater dalam dua pilihan wheelbase, standar dan panjang, serta tipe Cabin Crew. Daya angkut dan kapasitas dereknya, sama dengan tipe berbahan bakar bensin, yaitu 800 kg dan 750 kg.

 

Proace City, menggunakan powertrain sama dengan Proace Verso. Yaitu motor listrik yang menggerakkan roda depan dan menghasilkan daya 134 HP dan torsi 260 Nm dengan baterai 50 kWh. Akselerasi 0 hingga 100 km/jam ditempuh dalam waktu antara 11,2 dan 11,7 detik, tergantung pada konfigurasi.

Sedangkan kecepatan tertinggi dibatasi hingga 135 kpj. Jarak tempuh dalam sekali pengisian baterai, pada siklus uji WLTP adalah antara 260 dan 280 km.

Jika mengisi ulang baterai menggunakan listrik rumahan dengan fase tunggal membutuhkan waktu 7,5 jam. Sedangkan jika menggunakan pengisi daya 11 kW tiga fase, waktu untuk mengisi baterai berkurang menjadi 5 jam. Baterainya juga mendukung pengisian cepat DC 100 kW dan dapat diisi hingga 80 persen dalam 30 menit.

Kelengkapan standar Proace City listrik ini, sama dengan versi berbahan bakar bensin dan akan dibuat dalam dua trim, yaitu Base dan Comfort, sedangkan minivan Verso akan ditawarkan dalam versi Combi, Shuttle, Family dan Family+.