Toyota Siapkan Van Listrik Proace Verso Electric Tahun Depan

Toyota Siapkan Van Listrik Proace Verso Electric Tahun Depan
Toyota merilis varian van listrik anyar mereka. Julukannya Toyota Proace Verso Electric.
 

Mobil listrik bukan jadi barang aneh di Eropa dan tentu akan makin mendunia. Hal ini disadari pabrikan mobil yang berlomba menjual mobil bebas emisi itu di sana. Tak terkecuali Toyota.

Dan belum lama ini, Toyota merilis varian van listrik anyar mereka. Julukannya Toyota Proace Verso Electric. Berbeda dari teknologi hybrid yang selama ini jadi andalan Toyota, Proace Verso Electric memakai sistem penggerak full electric.

Dengan tenaga listrik murni, Proace Verso Electric tidak membutuhkan mesin bensin seperti Prius. Sebagai gantinya ada baterai lithium-ion standar berdaya 50 kWh atau opsional 75 kWh yang terbenam di bawah lantai.

Kedua pilihan baterai tersebut menawarkan daya jelajah yang berbeda. Di mana versi standar 50 kWh diklaim bisa menempuh 230 km dan 75 kWh hingga 330 km.

Tak perlu cemas soal waktu pengisiannya. Karena Proace Verso Electric dibekali sistem pengisian DC berkoneksi CCS. Sehingga saat diisi lewat stasiun berdaya 100 kW, untuk baterai standar cukup mengisi selama 30 menit dan 75 kWh butuh 45 menit saja.

Dalam sistem penggeraknya, energi baterai tersebut disalurkan ke motor listrik yang tertanam di roda depan yang mampu menghasilkan tenaga setara 134 HP dan torsi 260 Nm. Diklaim, kecepatan tertingginya bisa mencapai 130 km/jam.

Fitur lainnya yang jadi andalan Proace Verso Electric adalah pendukung kenyamanan pengguna. Sebut saja kursi berpemanas, sistem infotainment layar sentuh, tujuh inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Lalu ada keyless entry, rem parkir elektronik dan kaca lipat otomatis sebagai standar. Juga fitur navigasi satelit dan AC otomatis menjadi paket opsional.

Rencananya, Proace Verso Electric akan dijual di Eropa mulai Februari 2021 mendatang. Di pasar Eropa, van tersebut akan bertarung dengan saudara satu platformnya Peugeot e-Expert.