Van Cargo Bisa Ngebut? Ini Buktinya Ford E-Transit Supervan 2.000 HP

Van Cargo Bisa Ngebut? Ini Buktinya Ford E-Transit Supervan 2.000 HP
Ford E-Transit biasanya digunakan sebagai peran pendukung acara Goodwod Festival of Speed. Tetapi kali ini ia jadi salah satu bintang acara, bahkan muncul dengan versi listrik
 

Goodwood Festival of Speed (GFS), merupakan ajang tahunan yang memberikan sajian menarik, di mana berbagai kendaraan motorsport muncul dan memperlihatkan kecanggihannya di lintasan yang ada di arena tersebut.

Ford Transit, umum digunakan sebagai pengangkut barang, termasuk oleh penyelenggara GFS. Tetapi kali ini van komersial itu malah menjadi salah satu bintang acara.

Tentu saja, karena Ford E-Transit Custom ini sudah ‘berubah’ menjadi Ford Pro Electric SuperVan!

Bahan dasarnya memang sebuah Ford E-Transit Custom, tetapi, setelah selesai digarap, tenaganya setara dengan 19 unit Transit!

Tentunya hal itu terwujud berkat campur tangan EV quad-motor yang berbagi 1.973 hp yang keterlaluan di antara keempat rodanya dan dapat meroket ke100 km/jam, hanya dalam waktu kurang dari 2 detik.

Ini adalah yang keempat dalam seri konsep SuperVan gila Ford, yang dimulai pada tahun 1971, ketika seseorang memiliki ide gila untuk menjatuhkan mesin GT40 V8 pemenang Le Mans ke tengah bodi Mk1 Transit.

Ford mengulangi trik pada 1980-an dan 1990-an dengan SuperVans 2 dan 3, tetapi sekarang pabrikan Blue Oval itu telah membawa van kerah biru sebagai EV agar sesuai dengan zamannya.

Ford berharap Pro Electric SuperVan, yang dikembangkan bersama STARD Motorsport dan membuat debut dunianya di GFS bersama juara balap Le Mans, Romain Dumas, akan membantu membangkitkan minat pada van E-Transit Custom produksi 2023 dan Konektivitas Ford SYNC.

Umumnya kendaraan untuk balap, kerap dibangun dengan sasis spaceframe dan diselimuti bodi seperti mobil sesungguhnya. Namun pihak Ford menyatakan untuk van tersebut sebagian menggunakan spaceframe namun juga panel karbon yang ringan.

Tetapi sebagian besar dasar rangkanya, tetapi menggunakan E-Transit Custom.

Tentu saja setelah ditambahi dengan splitter depan, side skirt agresif, spion ramping bergaya balap, dan jendela sehingga masih tampak seperti Transit modifikasi.