Toyo Tire Rilis Ban ‘Terbaik’ Untuk Pikap Listrik

Toyo Tire Rilis Ban ‘Terbaik’ Untuk Pikap Listrik
Tahun 2024 pasar Amerika Serikat dapat jatah pertama di dunia
 

Dinamika kendaraan listrik dunia tak hanya mendorong banyak pabrikan, yang lama maupun baru, untuk berlomba menghadirkan produk terbaru sekaligus termutakhir. Termasuk juga industri pendukungnya, kali ini pabrikan ban Toyo Tire.

Bulan ini di Jepang dirilis ban baru berlabel "Open Country A/T III EV" (8/12) dengan kualifikasi all-terrain khusus SUV dan pikap khususnya untuk pasar Jepang. “Merespon perkembangan elektrifikasi, tren baterai yang semakin ringan, dan perkembangan kebutuhan tenaga yang semakin besar, membuka banyak peluang untuk ikut mendukung perkembangan ini,” ungkap Takashi Shimizu sebagai orang nomo satu Toyo Tire saat inagurasi produk.

Ban baru ini terbilang besar dibandingkan ban-ban untuk kendaraan sejenis yang bertenaga listrik. Secara khusus untuk aplikasi utama dipakai sebuah Ford "F-150 Lightning" yang sudah tampil saat perhelatan SEMA di Las Vegas dengan tajuk memakai ban konsep untuk pikap listrik.

Ban Open Country A/T III EV sendiri merupakan produk ‘lintas negara’ yang melibatkan tiga unit riset Toyo yang ada di Amerika Serikat, Jepang dan Eropa. Fokus performa yang hendak dicapai adalah menciptakan ban yang mendukung secara maksimal saat dipakai pada medan tanah semabri tetap menghadirkan mutu halding terbaik serta kenyamanan berkendara.

Tentu saja kebutuhan dasar mobil listrik dalam hal durabilitas, faktor keausan tapak ban, serta daya tempuh mobilnya sendiri tidak lepas dari perhatian pabrikan yang sudah berdiri sejak tahun 1945 ini.

Ada 'sayap bernama "Aero Wing" untuk meingkatkan mutu pakai ban saat mobil berjalan

Kompon khusus untuk kurangi tingkat keausan tapak ban

Salah satu fitur unik yang muncul adalah "Aero Wing" yang ada di sisi ban guna mengurangi hambatan angin saat ban berputar. Didukung kompon spesial yang juga diklaim mampu mereduksi faktor hambatan sampai 23 persen sekaligus tingkat keausan, diharapkan mampu menambah jarak tempuh sampai 3,9 persen dari spesifikasi dasar mobil.

Ukuran ban yag tersedia muali dari lingkar 18 dan 24 inci, dan pasar Amerika bagian utara akan masuk pasar mulai Februari 2024. Bagi Ford F-150 Lightning akan menjadi produk pengganti dengan ukuran LT275/60R20.

Selain Ford, ada beberapa pikap tenaga listrik tenar yaitu Rivian untuk ban spek R1T/R1S, kemudian sudah masuk rencana hampir pasti akan terpsang juga GMC Hummer EV, Tesla Cybertruck, dan Chevrolet GMC EV.

Baca juga: Ban Pintar Buatan Dunlop

Baca juga: Mitsubishi “All New” Triton Raih Lima Bintang ASEAN NCAP

Diklaim menambah keamanan, kenyaman, serta jarak tempuh pikap listrik