Ban Pintar Buatan Dunlop

Ban Pintar Buatan Dunlop
Ada data riwayat hidupnya
 

Sumitomo Rubber Industries, di Indonesia salah satunya berada di belakang produk Dunlop,  menjadi pabrikan ban Jepang pertama yang meluncurkan ban dengan kelengkapan tag identifikasi produk berteknologi RFID atau Radio Frequency Identification.

Penyematan teknologi ini pertama kali diumumkan pekan lalu (13/10). Produk ban yang mendapat fitur baru ini adalah; e. ENASAVE SP148 untuk bus listrik dan ALL SEASON MAXX AS1.

Fitur RFID itu akan memungkinkan dipantau soal potensi masalah yang akan muncul sebelum ban dipasang. Lebih detail lagi perihal performa serta daya tahan ban saat dipakai juga bisa dipantau langsung. Bahkan bisa diketahui kondisi ban yang disesuaikan dengan data rute rutin atas perjalanan kendaraan yang pakai ban itu.

 Data dari ban diklaim akan mendukung peningkatan efisiensi kendaraan yang memakainya. Sekaligus juga dapat membantu peningkatan keselamatan dalam berkendara. Karena data-data yang diunduh dari fitur ini akan menujukkan kondisi aktual dari setiap ban yang terpasang. Sehingga bisa dideteksi potensi, misalnya,  ban pecah akibat tapak yang aus atau tidak sesuainya tekanan angin.

Ban yang juga akan terpajang di perhelatan JMS 2023 ini juga diyakini pihak Sumitomo Rubber  bisa mereduksi limbah ban. Karena ban yang ditengarai tapaknya makin aus akan segera dilakukan proses vulkanisir untuk memperpanjang usia pakainya.  

Baca: Berebut Pasar 3000 Triliun Kendaraan Komersial Global

Baca juga: Bukan Mobil Jepang! Produksi Mini 4WD Pertama Tamiya Justru Pikap Amerika Ini