Transjakarta Cares: Layanan Khusus Penumpang Penyandang Disabilitas

21 September 2024
Erie W. Adji
 
Sudah dimanfaatkan puluhan ribu penumpang
 

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengungkapkan bahwa hingga bulan Juli 2024 unit Transjakarta Cares sudah dimanfaatkan oleh sebanyak 32.371 pengguna disabilitas atau mengalami kenaikan dibandingkan total pengguna tahun sebelumnya, yakni 32.329 orang.

Kepala Departemen Humas dan CSR Transjakarta, Ayu Wardhani, mengatakan, pihaknya saat ini mengoperasikan sebanyak 26 unit Transjakarta Cares yang bisa dimanfaatkan penyandang disabilitas. "Ada 26 unit, kemudian ada tambahan CSR 1 unit dari Toyota Astra Motor," kata dia saat dihubungi di Jakarta, pekan ini (20/9).

Transjakarta Cares merupakan layanan khusus bagi penyandang disabilitas di DKI Jakarta untuk menuju halte Transjakarta yang ramah disabilitas dan sudah beroperasi sejak 2016.

Pemesanan dapat dilakukan pada H-1 pada hari Senin hingga Minggu pukul 08.00-17.0 WIB. Sementara waktu operasional layanan yakni pukul 06.00-20.00 WIB.

Hadirnya layanan ini dikatakan menjadi perwujudan transportasi yang aksesibel, selain fasilitas yang ramah terhadap disabilitas, juga penyediaan informasi yang ramah disabilitas yang dapat diakses melalui laman Transjakarta.

Ayu menuturkan lagi, ke depannya, Transjakarta terus berinovasi dan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk bersama-sama menyediakan sarana dan prasarana yang aksesibel untuk seluruh pelanggan, terutama pelanggan disabilitas.

Sebelumnya, pada ajang Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Awards 2024 di Jakarta, Kamis (19/8), Transjakarta meraih lima penghargaan dan ada di antaranya terkait pelayanan pada penyandang disabilitas.

Perghargaan itu berupa Penghargaan Angkutan Umum Favorit Pilihan Masyarakat dan empat penghargaan platinum pada kategori Fasilitas Integrasi Moda Teramah Disabilitas dan Operator dengan Pengguna Disabilitas Terbanyak.

Kemudian ada juga penghargaan atas Operator Terkreatif Dalam Pelayanan Disabilitas dan Operator Dengan Kelembagaan Terakomodatif Dalam Pelayanan Disabilitas.

Ayu mengatakan penghargaan ini adalah hasil pencapaian dari pelayanan yang telah disediakan oleh Transjakarta kepada seluruh pelanggan, terutama pelanggan disabilitas. "Seluruh capaian yang Transjakarta raih, merupakan hasil dari komitmen dan inovasi yang kami lakukan dalam melayani pelanggan, terutama pelanggan disabilitas,” ujarnya.

Dia menambahkan, dengan inovasi layanan yang dihadirkan, pelanggan Transjakarta pun terus mengalami peningkatan dan saat ini tercatat lebih dari 1,3 juta pelanggan per hari.

Baca juga: TransJakarta: Stop Pengadaan Bus Baru Mesin Diesel

Baca juga: Angkutan Umum Jakarta Waktu Tunggunya Makin Cepat

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait