Membedah Monster Tambang Scania R620-A6X4 Single Trailer

Membedah Monster Tambang Scania R620-A6X4 Single Trailer
Total GCW hingga 270 Ton
 

Pada event Mining Indonesia 2023 yang berlangsung meriah beberapa waktu lalu, United Tractors turut menampilkan sesosok monster tambang berwujud Scania R620-A6X4 Single Trailer. R620-A6x4 yang juga tersedia dalam model Double Trailer merupakan truk Heavy Hauler yang diklaim kuat dan memiliki kapasitas muatan lebih optimal. "Scania R620 merupakan unit terbesar di kelasnya, dimana unit ini umumnya digunakan untuk aplikasi double trailer, hauling batubara," terang Andreas, selaku Truck, Bus and Crane Marketing Division United Tractors yang menghandle produk dari Scania, UD Trucks dan Tadano kepada bus-trucks.id (18/9).

Meski secara tampilan Scania R620-A6X4 nampak konservatif selayaknya truk-truk Eropa. Truk ini jadi terlihat menonjol karena dipasangkan dengan trailer yang begitu panjang. Tak heran untuk membantunya bergerak, truk Swedia ini disupport mesin diesel jumbo berkapasitas 16.000cc V8 yang menghasilkan tenaga sebesar 620 hp serta torsi 3.000 Nm yang bisa dikail mulai putaran mesin rendah 950 – 1.400 rpm. Komposisi ini memungkinkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dan memberikan kemampuan berkendara lebih baik.

Scania bahkan berani melekatkan Heavy hauler truck ini sebagai yang terkuat di kelasnya, dengan slogan “Strongest Powertrain in the Market”. Nah agar mampu dimaksimalkan untuk mendukung produktivitas tinggi, Scania R620-A6X4 disiapkan bisa menggandeng trailer seluas 225 m3, termasuk menyediakan kapasitas vessel terbesar untuk menunjang produktivitas. Adapun Gross Combination Weight (GCW) alias gabungan dari total berat kendaraan dan berat trailer serta muatan disinyalir mencapai 270 Ton.

Vessel dibuat oleh Patria model X Pro SST100, tersedia juga model double trailer (Momot)

Untuk bagian vessel (bak trailer) sendiri merupakan produk Patria X Pro SST100. Patria, seperti halnya United Tractors adalah bagian dari grup Astra yang memang spesialis dalam pembuatan karoseri dump truk tambang, karoseri tangki semen, hingga Semi Side Tipper (SST) seperti pada truk Scania ini. Patria SST kini sukses merevolusi mekanisme pengangkutan bahan material (batu bara, bauksit, biji besi atau batu tambang) yang memungkinkan pengangkutan jadi lebih cepat, aman dan ekonomis. 

SST besutan Patria ini juga memiliki beberapa keunggulan seperti tipping silinder yang sedikit dan berdampak pada penurunan biaya operasional, badan yang fleksibel dilengkapi dengan karet untuk membuat waktu bongkar muat menjadi lebih cepat. Hingga tipping yang dikendalikan dari kursi pengemudi pada kabin truk.

Terlepas dari kemampuan angkutnya tadi, Scania R620-A6X4 didukung sistem keamanan berteknologi tinggi. Sebut saja pengaplikasian sistem pengereman yang dilengkapi teknologi ABS dan kabin pengemudi yang menggunakan CR20N Sleeper Cab, kabin struktur baja yang diperkuat dengan lembaran galvanis. Kabin ini juga sudah lulus uji benturan EURO ECE R29 dan Sweedish VVFS 2003:29.

Baca juga : CAT MineStar System Mulai Bidik Kendaraan Ringan di Pertambangan

Baca juga : Mercedes-Benz Semakin Agresif Di Sektor Tambang