Duh, Ada Bus Laksana Suites Class Pakai Sasis Ashok Leyland

Duh, Ada Bus Laksana Suites Class Pakai Sasis Ashok Leyland
Bus Ashok Leyland ini menampilkan kelas sleeper dengan balutan bodi ala Legacy SR2 Suites Class garapan karoseri Laksana, Ungaran. Tentu bukan benar-benar buatan Indonesia.
 

Merek bus Leyland memang pernah masuk Indonesia puluhan tahun lalu sebagai armada bus tingkat dalam kota. Namun kini, sasis bus Ashok Leyland asal India sudah tak masuk di Indonesia. Tapi bus ini unik. Kenapa?

Ini karena bus Ashok Leyland ini menampilkan kelas sleeper dengan balutan bodi ala Legacy SR2 Suites Class garapan karoseri Laksana, Ungaran. Tentu bukan benar-benar buatan Indonesia, karena ini merupakan tiruan asal Bangladesh.

Yup, jika kami sebelumnya mengabarkan adanya 'bajakan' Suites Class milik perusahaan Saintmartin, kini ada yang makin mirip. Meski tak disebutkan pemiliknya, namun versi yang ini lebih persis.

Hal ini terlihat mulai dari bagian depan dengan headlamp dan desain bodinya. Ini termasuk bagian belakang lewat stoplampnya juga persis.

Tak hanya itu, livery bus bahkan logo Laksana, Suites Class dan Legacy SR2 juga ditiru. Padahal, Laksana belum mengekspor bus tipe Suites Class ke sana.

Masuk ke kabin, kesan mirip pun hadir dengan bentuk ruang penumpang bersekat ala Suites Class. Komplet dengan hiburan layar LED. Namun konfigurasi seatnya tetap 2-1 dan jenis joknya yang benar-benar mirip tempat tidur.

Yang jelas, Legacy SR2 Suites Class dari Bangladesh tersebut masih terbilang kurang rapi dibanding versi Laksana. Desainnya juga tetap lebih kaku.

Selain itu, posisi mesin depan dari sasis Ashok Leyland tentu kalah nyaman ketimbang bus-bus mesin belakang yang jadi standar Laksana saat membangun bus Suites Class.