Nostalgia Bus Di Ajang GIIAS 2016 (I), Ada Armada Transjakarta Tronton Dan Bus Berstandar Eropa

Nostalgia Bus Di Ajang GIIAS 2016 (I), Ada Armada Transjakarta Tronton Dan Bus Berstandar Eropa
Di ajang GIIAS 2016 silam, Karoseri Laksana, pembuat bodi bus asal Ungaran, Jawa Tengah tersebut saat itu menampilkan beberapa varian baik dari mikro, medium hingga big bus.
 

Pameran GIIAS 2021 direncanakan bakal hadir pada Agustus mendatang setelah, vakum akibat pandemi corona tahun lalu. Kami coba mengajak bernostalgia mengingat bus-bus yang hadir di ajang sebelumnya.

Kali ini dari GIIAS 2016 silam, tepatnya dari booth Karoseri Laksana. Pembuat bodi bus asal Ungaran, Jawa Tengah tersebut saat itu menampilkan beberapa varian baik dari mikro, medium hingga big bus.

Yang menarik perhatian diantaranya adalah bodi big bus Legacy SR2 versi high deck untuk armada pariwisata dan AKAP. Serta bus Transjakarta berbodi Cityline2 yang dibangun dari sasis bus tronton, Scania K410IB.

 

Baca juga : GIIAS 2021 Direncanakan Akan Berlangsung Agustus 2021

Untuk bodi Legacy SR2 versi high deck saat itu masih mengandalkan kaca depan model tunggal. Tapi Laksana coba menampilkan inovasi mereka dalam hal keselamatan. Yaitu dengan standarisasi uji guling dari Uni Eropa, yakni UN EC-R66.

Salah satu bus tersebut dibangun pada sasis Scania K360IB yang langsung dibeli oleh perusahaan otobus asal Bengkulu, PO Siliwangi Antar Nusa (SAN).

Sedangkan bus lainnya adalah Transjakarta bersasis tronton. Sebelumnya bus-bus Transjakarta lebih dikenal dengan armada standar dan articulated atau gandeng. Namun kali ini, lewat sasis Scania K410IB, bus dengan dek tinggi tersebut resmi dikenalkan sebagai armada dalam kota.