DAF F241: Legenda Penguasa Jalan Eropa

DAF F241: Legenda Penguasa Jalan Eropa
Truk ‘canggih’ di masanya
 

Pabrikan truk asal Belanda ini hingga sekarang dikenal menghasilkan produk yang bertenaga besar sekaligus nyaman serta ‘praktis’ dikendarai. Salah satunya yang sudah jadi legenda, beberapa kali muncul sebagai cameo di sejumlah film seri televisi maupun film layar lebar, yaitu DAF seri F241.

Seri 241 merupakan truk model heavy-duty yang masa aktif produksinya dari tahun 1973 hingga 1994. Model ini merupakan pengembangan dari model sebelumnya yang juga terbilang legenda yaitu seri F218. Seri F218 merupakan model pertama dari DAF dimana kabinnya bisa dimiringkan saat diperlukan pemeriksaan atau perawatan mesin. 

DAF 2800, 3300, dan 3600 merupakan ‘nama panggung’ dari F241. Muncul perdana di IAA alias Frankfurt Motor Show tahun 1973. Hadir pertama kalinya truk yang mesin turbodiesel kapasitas 11.600 cc dengan tambahan intercooler.

Tenaganya mencapai 320 daya kuda, sementara itu ada varian mesin turbocharger saja yang potensi daya puncaknya 280 daya kuda. Satu lagi varian tanpa turbo, bisa hasilkan daya puncak sampai 250 daya kuda.

Agar makin kuat menghela beban, ada beberapa pilihan transmisi. Mulai dari yang percepatan 12, lalu ada juga yang 16. Ada juga varian dengan 13 percepatan. Termasuk juga yang all-wheel drive.  

Sebagai truk angkut berat, fitur-fitur yang disematkan termasuk memikat. Salah satunya, truk pertama yang kaca depannya dilengkapi tiga bilah wiper.

Tahun 1975 muncul varian "Superliner" yang hingga kini dikenal sebagai truk yang nayaman dikendarai. Dan di tahun 1975 itu juga ada berbagai fitur keselamatan yang dipasangkan, salah satunya untuk menyesuaikan regulasi keselamatan Swedia.

Untuk versi yang muncul tahun 1979 muncul versi yang interior dan tampilannya lebih ‘mewah’ untuk ukuran masa itu.

Era yang signifikan terjadi di tahun 1985 dimana generasi mesin ATi alias Advanced Turbo intercooling hadir ke pasar. Semuanya ada dalam sosok DAF 3600 yang dikenal sebagai truk yang halus suara mesinnya, nyaman dikendarai, manuvernya ‘lincah’, tenaganya besar, sekaligus punya tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar yang baik.

Mesin yang dipakai berkode 1160 DKZ, 373 PS adalah potensi tenaga puncaknya.

Tahun 1987, era klasik DAF ditiadakan dengan munculnya seri DAF 95 dimana semua karakter maupun penampilan generasi F241  berubah total. Tampilan yang lebih modern dengan mesin yang tetap bertenaga menjadi ciri khas dari truk-truk DAF setelahnya.

Baca juga: DAF Makin Seriusi Truk Listrik

Baca juga: DAF, Jagoan Truk Asal Belanda

Kabin nyaman, handling mudah, operasional fitur praktis, semunya masih jadi ciri truk DAF sampai sekarang