DAF Makin Seriusi Truk Listrik

DAF Makin Seriusi Truk Listrik
Pabrik baru untuk ratusan unit truk tiap tahun
 

Pabrikan Eropa memang seperti tak kenal henti untuk mengejar percepatan kendaraan tanpa emisi. Tidak hanya yang menghasilkan kendaraan penumpang, produsen truk juga seolah berlomba membuat truk tanpa bahan bakar fosil.

DAF yang produsen truk tulen asal Belanda termasuk ikut dalam gelombang inovasi yang sama. Akhir bulan lalu diresmikan unit produksi truk listrik yang berlokasi di kota Eindhoven.

Unit produksi itu punya luasan 5.000 meter persegi yang punya jalur produksi sepanjang 150 meter. Pabrik ini akan merangkai sejumlah komponen utama truk listrik seperti; paket baterai, motor listrik, sampai sistem transmisi.

Bersamaan dengan peresmian pabrik DAF yang baru itu juga diperkenalkan produk terbaru DAF dengan seri XD dan XF, keduanya bertenaga listrik. Tenaganya hasil kerja motor listrik yang paket baterainya punya spesifikasi 210 sampai 525 kWh. Potensi jarak tempuhnya juga beragam, mulai dari 500 kilometer sampai 1.000 kilometer.

Menteri Ekonomi dan Lingkungan Belanda, Micky Adriansens, yang meresmikan pabrik itu menyebut bahwa DAF akan bisa membantu Belanda menjadi negara yang terdepan di bidang transportasi ramah lingkungan. Hal senada juga diungkapkan oleh Presiden Direktur DAF, Harald Seidel, pihak DAF akan terus mendukung periode transisi konsumen menuju era kendaraan tanpa emisi lewat produk inovatif, sistem isi ulang listrik, sampai pelatihan pengemudi untuk truk listrik.