Terminal Mengwi: Terbesar Di Pulau Bali

Terminal Mengwi: Terbesar Di Pulau Bali
Rute paling barat menuju kota Medan
 

Jika merunut titik keberangkatan dari area Jakarta setidaknya ada lima operator bus AKAP serta shuttle eksekutif yang punya tujuan pulau Dewata. Sebut saja; Lorena, Pahala Kencana, Debe Trans, Kramat Djati, maupun Safari Dharma Raya.

Belum yang termasuk operator yang menyinggahinya dengan tujuan akhir wilayah Nusa Tenggara Barat seperti Tiara Mas maupun Wafaa Holyday.

Terminal Mengwi yang berada di area Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung itu merupakan terminal tipe A. Terminal in melayani rute dalam provinsi maupun antar provinsi, serta angkutan kota.

Berdasarkan data Wikipedia, Terminal ini menggantikan posisi terminal Ubung sejak tahun 2017 yang tadinya merupakan titik akhir di pulau Bali dari luar provinsi. Termina yang kini operasionalnya langsung di bawah Kemenhub aejak tahun 2014 itu sekaligus menjadi titik awal sebaran angkutan massal lainnya menuju semua titik di provinsi Bali.   

Luasan wilayahnya 15 hektar, kegiatan operasional day to day dilakukan oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) XII Wilayah Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Terminal Ubung sendiri kini justru menjadi sentra angkutan kota dan pedesaan.

Saat hari-hari besar termasuk terminal tersibuk di wilayah Bali dan Nusa Tenggara

Ruang tunggu penumpangnya nyaman, sudah mirip bandar udara

Ada keberangkatan ke sembilan tujuan utama

Setidaknya sembilan tujuan akhir bisa dilakukan proses keberangkatannya dari terminal Mengwi.

Rute terjauh menuju wilayah barat adalah ke kota Medan yang dilayani oleh operator kampiun asal Sumatera yaitu PO ALS. Disamping ada yang menuju wilayah provisni Lampung yang dilayani oleh Puspa Jaya dan Singa Raja Putra.

Keberangkatan menuju area provinsi Jawa Timur mendominasi jadwal rute dari terminal yang juga kerap ada perhelatan bazaar kerajinan khas Bali itu. Seperti ke Madiun, Jember, Malang, Blitar, Tulungagung, Ponorogo, Bojonegoro, sampai Sumenep di pulau Madura.

Tujuan akhir di seantero wilayah Jawa Timur dilayani oleh banyak operator legendaris. Antara lain; Akas Asri, Medali Mas, Malang Indah, Santoso, Gunung Harta, M-Trans, Zena, maupun Jawa Indah Transindo.

Calon penumpang dari dan menuju provinsi Jawa Tengah juga dilayani oleh barisan nama-nama besar. Setidaknya ada pelaju tenar seperti; Muji Jaya, Tami Jaya, Bejeu, Mansion, Wisata Komodo, maupun Safari Dharma Raya.

Tujuan wilayah kota Bandung dan sekitarnya juga bisa dijangkau melalui terminal Mengwi. Dan masih nama-nama operator yang tidak asing yang akan melayani calon penumpangnya. Ada Kramat Djati, Pahala Kencana, dan Debe Trans.   

Baca juga: Revitalisasi Terminal Barangsiang (Akhirnya) Terlaksana Tahun Ini

Baca juga: Menhub: Pemudik 2024 Sebanyak 242 Juta Jiwa

PO Rasa Sayang, salah satu operator bus dengan tujuan paling timur dari wilayah Jabodetabek yang singgah di terminal Mengwi 

Di terminal Mengwi kerap ada bazaar produk kerajinan lokal khas Bali