Mitsubishi L100 Rilis Perdana Di IIMS 2024

Mitsubishi L100 Rilis Perdana Di IIMS 2024
Harga masih terlalu tinggi?
 

Saat gelaran IIMS 2024,  PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya merilis Mitsubishi L100 EV di Indonesia. Ini merupakan kendaraan niaga ringan berbasis baterai (BEV) dan dilengkapi komponen listrik termasuk motor dan baterai penggerak.

Ini merupakan kali pertama Mitsubishi L100 dipasarkan secara resmi di Indonesia (15/1) setelah muncul perdana di Indonesia pada tahun 2019 ketika masih dilabeli nama Minicab-MiEV.

“Kami yakin bahwa Mitsubishi L100 EV sangat kompetitif secara produk, baik dari segi spesifikasi dan range harga yang ditawarkan, sehingga model ini dapat diserap dengan baik oleh pasar di Indonesia yang membutuhkan kendaraan operasional untuk mendukung bisnisnya, terutama konsumen fleet,” buka Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT MMKSI.

Keyakinan itu, salah satunya, diperoleh sebagai hasil dari serangkaian Proof Of Concept (POC) yang telah dilakukan bersama sejumlah perusahaan logistik nasional juga didapat feedback yang positif dalam hal produk maupun operasional.

Salah satunya dari PT Pos Indonesia, usai proses POC telah mengutarakan intensi lebih lanjut untuk menggunakan L100 EV pada kegiatan operasional logistik di hub Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dirakit Di Indonesia

Produksi Mitsubishi L100 EV telah dimulai pada Desember 2023 di fasilitas perakitan Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan yang sudah dimulai dari bulan Desember 2023 itu sekaligus menandakan produksi model ini pertama kalinya di luar Jepang.

Mitsubishi L100 EV (disebut Minicab EV di Jepang) merupakan sebuah kendaraan niaga ringan kelas kei-car berbasis baterai (BEV) dan dilengkapi komponen listrik termasuk motor dan baterai penggerak.

Jangkauan jelajah telah diperluas hingga 180 kilometer dalam mode WLTC dengan sekali isi daya listrik yang sudah  ditingkatkan performa sampai 20 persen dibandingkan model sebelumnya.

Pengisian daya normal pada AC200V (15A) memerlukan waktu kurang lebih 7,5 jam untuk mengisi penuh baterai, sehingga jika baterai diisi pada malam hari, baterai akan terisi penuh dan siap digunakan  pada keesokan harinya. Selain itu, baterai dapat terisi hingga 80 persen dalam waktu sekitar 42 menit dengan pengisian cepat.

Motor listrik ini menghasilkan torsi maksimum sebesar 195 Nm secara instan, sehingga meskipun kendaraan memuat banyak muatan, motor ini tetap mempertahankan performa berkendara yang khas dari kendaraan listrik.

Dibandingkan model sebelumnya yang dijual di Jepang, kapasitas baterai penggeraknya ditingkatkan sebesar 26 persen. Motor dan inverter telah diintegrasikan ke dalam satu unit untuk meningkatkan efisiensi motor.

Mobil yang kali ini hanya dipasarkan dalam versi blind van ini dilengkapi dengan teknologi keselamatan dua airbag untuk pengemudi dan penumpang baris pertama, Ada juga Automatic Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Traction & Active Stability Control, Immobilizer, Seatbelt Warning, dan Auto Light Control (ALC) yang dapat menghidupkan lampu ketika di jalan gelap.

Berbekal beragam fitur keselamatan itu, mobil dengan radius putar 4,3 meter ini, memenuhi syarat untuk “Safety Support Car S Wide” yang dipromosikan oleh pemerintah Jepang.

Harga resminya Rp320 juta OTR DKI Jakarta, ini merupakan harga khusus untuk periode bulan Februari-April tahun 2024.

Baca juga: Mitsubishi Minicab-MiEV, Calon 'Raja Mobil Listrik' Yang Sebenarnya?

Baca juga: Mitsubishi Minicab EV Akan Dipasarkan Tahun Depan

Termasuk van yang fitur keamanan dan kenyamannya lengkap

Ruang barang bisa dipenuhi 14 boks ukuran 450x450x600 milimeter, bisa menopang beban angkut sampai 350 kilogram

Charging station masih sama dengan MiEV 2023