Nah, Daihatsu Atrai Sedang Tes Jalan Nih?

Nah, Daihatsu Atrai Sedang Tes Jalan Nih?
Atau akan hadir sebagai 'All New' Luxio tahun depan?
 

Saat perhelatan GIIAS 2023 (10-20/8), PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memajang Daihatsu Atrai yang merupakan sebuah Kei-car. Sesuai regulasinya, mobil yang masuk regulasi yang terbit perdana tahun 1998 ini paling panjang di angka 3,4 meter, lebar maksimum 1,48 meter, dan tinggi maksimum 2 meter, dan kapasitas mesinnya paling besar 660 cc.

Beratnya tidak boleh lebih dari 700 kilogram, serta kecepatan laju maksimalnya 120 km/jam.

Nah pada Daihatsu Atrai, meski termasuk ‘mobil rakyat’ namun fiturnya bukan minimalis. Jika dibandingkan dengan Gran Max maupun Luxio yang sudah beredar di Indonesia. Mobil ini menjadi terlihat berkelas, dimana terdapat model pintu geser elektronik.

Terdapat juga tombol keyless di pintu depan yang memberi kesan canggih untuk sebuah mobil. Pada bumper dan side skirt diberi warna hitam, serta aksen krom di gril dan rumah fog lamp. Atrai sendiri didesain sebagai van penumpang mungil yang praktis.

Pada interior, ada layout untuk Head Unit ukuran 9 inci model floating dan banyak sekali tombol-tombol fitur diantaranya Vehicle Stability Control, power sliding door, sensor parkir, dan idling stop. Tuas transmisi mobil ini terdapat pada area dasbor.

Konfigurasi tempat duduk sendiri, bisa menampung 3 orang di baris kedua. Baris ketiga mobil ini luas, mampu menampung banyak barang.

Daihatsu Atrai yang tampil di GIIAS 2023 bermesin 3-silinder 658 cc DOHC injeksi yang menghasilkan tenaga sebesar 63 daya kuda (5.700 rpm) dan torsi 91 Nm (2.800 rpm). Untuk konsumsi bahan bakarnya diklaim dapat mencapai 19,7 km per liter dengan kapasitas tangki mencapai 38 liter.

Di Jepang, Atrai dijual dengan harga 1.672.000 Yen atau setara Rp 176 jutaan untuk varian FWD. Adapun untuk varian 4WD dijual seharga 1.826.000 Yen atau sekitar Rp 193 jutaan. Kehadiran Atrai di GIIAS 2023 menjadi ajang pengenalan kei car bagi konsumen Indonesia.

"Kita ingin menunjukkan ke teman-teman bahwa ini adalah salah satu produk yang The Best Sales di Jepang," papar Direktur Marketing and Planning & Communication PT ADM Sri Agung Handayani, saat ditemui di GIIAS 2023 di ICE BSD bulan Agustus lalu (10/8).

Bus-Truck.id pekan ini (15/12) mendapatkan cuplikan video yang menunjukan sesosok siluet van yang bagian buritan dan bonnet cukup dekat dengan garis bodi yang ada pada Daihatsu Atrai.

Pihak ADM telah dihubungi namun belum memberikan respon hingga info ini diturunkan.

Baca juga: Daihatsu Atrai, Akan Dirilis Sebagai Mobil Listrik?

Baca juga: Daihatsu Hijet Riwayatmu Kini

Apakah Daihatsu Atrai akan benar-benar menggantikan Daihatsu Luxio? Atau akan menjadi "All New" Luxio?

Daihatsu Atrai di GIIAS 2023