Keliling Kota Semarang Dengan Bodi Double Decker Langka

Keliling Kota Semarang Dengan Bodi Double Decker Langka
Bersasis Scania ‘tronton’
 

Di musim liburan sekolah ada satu cara yang ekonomis untuk mengisi waktu, keliling kota dengan naik bis  kota. Termasuk ketika menyambangi kota Semarang, sejak tahun 2017 tersedia tiga unit bus Double Decker dengan sasis Scania yang akan melewati sejumlah jalur wisata kota di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah itu.

Berbalut bodi karya karoseri Nusantara Gemilang, ada tiga unit bis wisata yang bisa dipakai di Semarang. Masing-masing diberi nama panggilan; Si Denok, Si Kuncung, dan Si Kenang.

Sedikit berbeda dibandingkan unit double decker versi AKAP, pada bus wisata Semarang ini di kompartemen atas dimensi jendela lebih lebar dibandingkan versi AKAP. Tentu saja itu ditujukan menambah leluasanya menyimak pemandangan secara lebih leluasa.

Bus wisata melewati sejumlah jalur tempat wisata terkenal di Semarang. Berangkat dari Museum Ranggawasita, bus melewati Kalibanteng, Jendral Sudirman,  Sugiyopranoto. Memudian melalui Tugu Muda, jalan Imam Bonjol, Stasiun Poncol, Kota lama, Jalan pemuda, Lawang Sewu.

Lanjut lagi ke wilayah Pandanaran, Simpang Lima, Kampung Pelang, Taman Kasmaran, Sam Poo Kong, kembali ke Museum Ranggawasita, kemudian Tugu Muda, jalan Imam Bonjol, Stasiun Poncol, Kota lama, Jalan Pemuda, Lawang Sewu. Dan perjalanan akan kembali lagi ke Museum Ranggawasita.

Untuk perjalanan perorangan, bus wisata hanya beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu saja. Sementara untuk perjalanan rommobgan bisa dilakukan pada hari Senin sampai Jumat.

Jam operasionalnya, yaitu di jam 08.00, 11.00, dan 15.00 WIB. Khusus Jumat jam 11.00 diubah ke 13.00 WIB.

Bagi yang berminat menggunakan bus wisata bisa datang langsung ke Museum Ranggawarsita. Museum berlokasi di jalan Abdulrahman Saleh no 1 Kalibanteng Kulon.

Jangan lupa bawa kartu identitas (KTP, KTM, atau SIM) untuk pendataan penumpang. Satu kartu identitas berlaku untuk dua tiket. Loket pendaftaran menumpangi bus wisata sudah dibuka sejak jam 07.00 WIB.

Tetapi sebaiknya datang sepagi mungkin karena tempat terbatas dan banyak yang mengantre. Untuk penumpang personal harus datang langsung. Tidak ada pendaftaran secara daring.  Sementara rombongan, perlu mendaftar lewat Kadishub Kota Semarang.

Surat ditujukan ke Kantor Dinas Perhubungan Semarang di alamat jalan Tambak Aji Raya no 5 Ngaliyan. Alternatif lain, email dishubkotasmg@gmail atau [email protected].

Baca juga: Bus Di Arab Saudi, Dikuasai Kerajaan

Baca juga: Piala Mas, Pemain Lama Karoseri Asal Malang