Piala Mas, Pemain Lama Karoseri Asal Malang

Piala Mas, Pemain Lama Karoseri Asal Malang
Identik dengan desain bus ukuran sedang
 

Bicara karoseri bus yang berbasis di Malang, Jawa Timur, perhatian kita pasti akan tertuju ke Adiputro Wirasejati yang berdiri sejak 1973.

Namun sebenarnya Malang juga tempat beroperasinya sejumlah perusahaan karoseri kelas 'raksasa' lain seperti Morodadi, Tentrem, Gunung Mas, Hartono Putra, dan Piala Mas.

Piala Mas sendiri, sekilas lebih banyak menghasilkan bus ukuran sedang untuk kebutuhan instansi maupun PO Pariwisata. Namun jika dicermati, tak sedikit juga dilansir model yang segmennya buat bus ukuran besar. Rexus adalah salah satu model dari perusahaan yang berlokasi di wilayah Singosari ini dan semakin banyak mendulang pesanan.

Piala Mas berdiri sejak tahun 1978, dirintis oleh dua orang yakni Soetrisno dan Haliman Halim. 

Seiring berjalannnya waktu, keduanya mengubah nama Karoseri Piala Mas menjadi PT. Piala Mas Industri beralamatkan di Jl. Raya Randuagung 202 Singosari, Malang dan di Jalan Bodean Krajan No. 09 Desa Toyomarto, Singosari, Malang dengan total lahan seluas 4 hektar.

Baca juga : Riset McKinsey: Transportasi Massal Adalah Masa Depan

PT. Piala Mas Industri memproduksi berbagai jenis produk karoseri mulai Big Bus, Medium Bus, hingga Micro Bus dalam varian Ekonomi, Standar AC, dan juga Deluxe.

Tidak hanya itu, mereka juga membuat mobil khusus seperti ambulans, angkutan sekolah, mobil jenazah, maupun mobil perpustakaan keliling.

Kini dengan didukung peralatan dan teknologi lebih maju, PT. Piala Mas Industri mengklaim jika kualitas produknya bisa lebih bersaing dengan karoseri lain.

Salah satu yang menjadi perhatian ialah Piala Mas membuat bodi untuk e-Inobus. Ini adalah medium bus listrik buatan PT INKA yang tersedia dengan panjang 8 meter dan 12 meter. 

Untuk e-Inobus 8 meter memiliki daya baterai 138 kWh dengan drive range atau daya jelajah 160 km sedangkan untuk e-Inobus 12 meter kapasitas baterai dan daya jelajah berturut-turut yakni 355 kWh dan 250 km. 

Selain e-Inobus, Piala Mas juga memiliki portofolio karoseri Isuzu lewat model Coaster, Rexus, all New Rexus MC, hingga Rexus HDD. 

Rexus 'single glass', desain untuk bis besar yang makin banyak diminati

Baca juga : 'Grand Captain', Jagoan Karoseri Tentrem Di Ajang GIIAS 2023

Baca juga : Dua Model Terbaru Laksana Di GIIAS 2023