VW ID. Buzz Cargo Diborong Perusahaan Kargo Irlandia

VW ID. Buzz Cargo Diborong Perusahaan Kargo Irlandia
Termasuk ‘gelombang pertama’ pemakai van VW termutakhir ini di dunia logistik
 

Seperti juga saudaranya yaitu VW Caravelle, VW ID.Buzz juga disediakan versi van angkut barangnya. Dengan spesifikasi sebagai mobil listrik, diperkuat baterai berkapasitas 79 kWh (gross 84 kWh) bisa membuat jarak tempuh sejauh 441,6 kilometer dengan sekali isi daya listrik.

Jika daya listrik disuntikan secara fast charging (DC) di angka sampai 185 kW maka proses isi daya listrik dari posisi 5 persen daya ke 80 persen daya butuh waktu sampai 30 menit.

Saat gelaran GIIAS 2024 yang lalu, versi penumpangnya diklaim telah terjual sebanyak 30 unit oleh VW Indonesia.

Kali ini, ATC yang merupakan raksasa angkutan barang yang bermarkas di Dublin, Irlandia, menggelontorkan investasi sampai 22,5 juta Euro (setara Rp3,8 triliun) memilih produk Jerman itu untuk beroperasi di negara tetangga Inggris itu.

Selain itu, besaran dana tersebut juga untuk pembelian sejumlah truk listrik listrik seri HGV produksi Volvo.

Aksi korporasi ini merupakan kegiatan terbesar untuk sebuah perusahaan swasta yang beroperasi di Irlandia. Ditujukan untuk memenuhi rencana strategis konsumsi nol emisi dalam semua kegiatan operasional perusahaan ini di tahun 2030.

Total pembelian keduanya mencapai 142 unit.

Ekspansi itu juga didukung dana hibah yang diterima ATC dari pihak Departemen Tranpsortasi Irlandia dalam skema Zero Emission Heavy Duty Vehicle atau ZEHDV. Untuk pelaksanaannya diawasi langsung oleh lembaga bernama Transport Infrastructure Ireland.

“Saat ini kami sudah berada di tahap terenting dalam sejarah ATC, kami bangga bisa menjadi bagian terdepan dalam pengembangan berkelanjutan di dunia logistik. Sejalan dengan perjalanan sejarah kami selama 45 tahun, kami selalu mengedepankan standar pelayanan kelas utama dan inovasi,” ungkap Keith Young, Managing Director ATC dalam keterangan resminya (9/9).

Baca juga: Mitsubishi Hadirkan Kendaraan Logistik Tenaga Listrik Di IKN

Baca juga: Volvo FM Electric Resmi Meluncur, Jadi Truk Listrik "Heavy Duty" Pertama di Indonesia

Jika diisi listrik dengan proses AC sampai 11 kW akan butuh waktu sekitar 7 jam dari posisi daya nol persen sampai 100 persen