PO SAN Pesan Bodi Supernova Dari Stadabus

PO SAN Pesan Bodi Supernova Dari Stadabus
Mulai ada pergeseran animo terhadap karoseri ‘mainstream’
 

Stadabus, karoseri asal Bandung, Jawa Barat, muncul pertama kali ke jagad bodi bus Indonesia dengan desain yang unik di tahun 2020. Bodi yang dinamakan Coach Enterprise yang waktu itu memakai sasis Hino RK 8 yang dimiliki PO Marjaya.

Tarikan garis gaya bus Eropa era ’90-an seperti Neoplan ataupun Vanhool langsung mengemuka. Karakter tarikan siluet dan bidang ala 'sleek and clean' yang minim lekukan masih jadi karakter desain Stadabus yang terbaru yaitu Supernova.

Nah, seperti dikutip dari unggahan akun Busdotid, diketahui bahwa Stadabus bersiap untuk menggarap pesanan dari PO SAN.

Saat dikonfirmasi langsung, Kurnia Lesani Adnan mengiyakan bahwa pihaknya memang memesan bodi Supernova ke poha Stadabus. “Sasis Golden Dragon tahun 2011, sasis lama punya PO SAN,” ungkapnya lewat pesan singkat (14/9).

Sejurus kemudian dijelaskan lagi bahwa pihaknya sudah berencana untuk membangun bodi bagi armadanya di karoseri Stadabus.

Desain 'sleek and clean' jadi terobososan baru desain bus di Indonesia

Ambience kabin terlihat efisien ala bus-bus Eropa

Desain dudukan panel indikator di area center fascia juga sederhana

Konsisten di karakter ala bus Eropa

Sejak muncul perdana dengan bodi Coach Enterprise, karoseri asal Bandung ini tida tergoda dengan desain yang punya banyak detail di sekujur bodi. Bahkan pemakaian ‘selendang’ juga bisa disebut seperti emblem saja.  

Cowl di depan punya depan indentitas utama pada ‘gril’ model sarang tawon. Lampu utamanya, yang menggunakan model layaknya bus atau truk Volvo. Aksen tambahan juga sederhana, lampu fog lamp yang terbilang kecil untuk ukuran bus big size.

Diikuti pada cowl di buritan yang juga tak umbar detail di bagian tengah seperti desain-desain terbaru karoseri yang lain. Bahkan jika ditelisik jauh ke hampir 20 tahun lalu, mengingatkan akan desain buritan Jetliner karya karoseri Rahayu Sentosa yang telah non aktif itu.   

Baca juga: Karoseri Stadabus Hadir Di Bandung, Buat Gebrakan Desain

Baca juga: Adiputro Rilis Bodi ‘Hybrid’ Bernama S-UHD

Bodi Coach Enterprise ynag muncul perdana tahun 2020