Bus Jakarta-Semarang, Terakhir Berangkat Pukul 19.45…

Bus Jakarta-Semarang, Terakhir Berangkat Pukul 19.45…
Berbagai titik keberangkatan sampai di tingkat kecamatan di DKI
 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, total perjalan wisawatan nusantara naik 23,83 persen pada bulan Juni 2023 dibandingkan periode yang sama di tahun 2019. Dari total jumlah pelancong lokal yang berpelesiran di dalam negeri, umumnya berwisata di daerah pulau Jawa dengan cakupan 74,33 persen.

Sementara itu kota Semarang jadi target kunjungan 14,55 persen wisatawan lokal atau sekitar 5,72 juta. Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini jaraknya dari Jakarta sekitar 446 kilometer. Waktu tempuhnya dalam kondisi arus kendaraan normal sekitar 6 jam.

Terminal Mangkang merupakan terminal resmi yang jadi titik keberangkatan berbagai bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Terminal ini menggantikan terminal Terboyo yang sudah dihentikan pengoperasiannya sejak tahun 2018, statusnya diturunkan dari terminal tipe A menjadi terminal tipe C alias hanya melayani rute perjalan jarak pendek.    

Selain itu ada sejumlah titik pemberhentian yang juga bisa dituju sejumlah bus dari arah Jakarta saat menurunkan penumpang di wilayah Semarang kota maupun wilayah kabupatennya. Seperti di Bawen, Krapyak, Candisari, Banyumanik, maupun Ungaran.

Titik keberangkatan dari Jakarta juga beragam, sebut saja; Daan Mogot, terminal Kalideres, Pondok Pinang, Cijantung, Grogol, bahkan Kapuk Muara.

Baca juga: Begini Cara Baca Kode OH, OF, dan OC Pada Bus Mercy

Baca juga: Ini Arti Kode Sasis Bus Hino, Volvo, Golden Dragon, dan Scania

Berdasarkan data dari situs Redbus, jam keberangkatan ‘angkatan pagi’ menuju Semarang dimulai pukul 05.05 diaman unit dari Agra Mas yang bertolak dari terminal Kalideres, Jakarta Barat. Dengan estimasi waktu tempuh sekitar 8 jam bus armada ‘Semut Merah’ ini akan masuk terminal Bawen pukul 13.30 WIB. Tiketnya seharga Rp 270 ribu sekali jalan.

Harga tiket bus ‘angkatan pagi’ sampai pukul 10.00 dimulai dari angka Rp 179 ribuan hingga Rp 303 ribuan. Jam keberangkatan dari sejumlah wilayah di Jakarta juga terbilang sangat rapat. Nyaris tidak sampai 5 menit antar bus.

Berbagai kelas kabin bus juga ada, banyak pilihan mulai kelas Patas sampai VIP. Nama-nama seperti Bejeu, Sinar Jaya, Haryanto, Garuda Mas, Harapan Jaya, Muji Jaya PM, Majoe Utama, Sahaalah, Adibuzz, Kalingga Jaya, Berlian Jaya, Gunung Mulia Putra, Raya, Mahardika, maupun Agung Sejati.

Agung Sejati, salah satu penyedia layanan kelas kabin premium untuk tujuan kota Semarang

Pemberangkatan ‘angkatan sore’ dimulai pukul 12.00 hingga 19.45. harga tiket maupun kelas juga tidak banyak berbeda dibandingkan pemberangkatan ‘angkatan pagi’. Begitu juga dengan ketersediaan kelas kabin.

Nama-nama perusahaan otobus yang berangkat di waktu siang hingga sore itu juga tidak banyak berbeda. Setidaknya ada sejumlah nama lain seperti; Santoso, Kramat Djati, Pahala Kencana, Sari Indah, Cahaya Trans, Sumber Alam, Harta Sanjaya, Sant Gold, Blue Line, Safari, Nusantara, Ranajaya, Mayora Trans, maupun Zentrum.   

Baca juga: Bus Sekolah Donasi Indonesia Siap Beroperasi Di Palestina

Baca juga: Mengenal Teknologi Air Suspension Pada Bus