King Long “Merry Combo”, Desain Bus Terbaik 2024

King Long “Merry Combo”, Desain Bus Terbaik 2024
Bus listrik tercanggih saat ini?
 

Gelaran IAA Transportation 2024 di kota Hannover, Jerman (17-22/9) merupakan salah satu showcase kendaraan komersial paling bergengsi saat ini. Di arena gelaran yang sangat luas itu hadir berbagai produk dan teknologi termutakhir dari produsen bus dan truk maupun komponen kelas dunia.

Sebagaimana umumnya perhelatan otomotif, hadir juga sejumlah produk purwarupa atau prototype yang menyodorkan ragam teknologi sekaligus desain paling baru.

Salah satunya King Long yang menghadirkan “Merry Combo” yang juga telah ditahbiskan sebagai desain bus terbaik tahun 2024.

Bus yang siluetnya aerodinamis itu punya panjang 12.250 millimeter, lebarnya 2.550 milimeter, dan tinggi 3.880 meter. Sementara itu spesifikasi wheelbase-nya 6.300 milimeter. Kapasitas bagasinya 10 meter kubik.

Diklaim oleh pabrikan yang bermarkas di Xiamen, Tiongkok, itu punya radius putar 9,5 meter. Terbilang paling kecil untuk bus sekelas.

Menilik supensi independen di roda depan yang mengadopsi produk buatan ZF yang asal Jerman itu disebutkan juga akan membuat bus ini bisa melaju dengan tingat kenyamanan tinggi.

Hal yang perlu diketahui, ini merupakan bus listrik dengan potensi daya maksimal 490 kW. Baterainya berkapasitas 528 kWh dengan potensi jarak tempuh 516 kilometer. Sistem isi ulang daya listriknya bersistem CCS2.

Desain panel indikator bus simpel sekaligus fungsional

 

King Long sendiri diproduksi oleh Xiamen King Long United Automotive Industry Co., Ltd. Pabrikan ini mulai beroperasi tahu 1988, berada di bawah naungan konglomerasi Xiamen King Long Motor Group Co., Ltd.

Selain bis ahasilkan bus, pabrikan ini juga punya barisan model bus ukuran medium, truk, dan juga sejumlah produk custom lainnya.

Sudah mencatatkan angka ekspor sampai 140 ribu unit dengan negara tujuan mencapai 150 negara.

Baca juga: Melihat Pabrik Bus King Long Di Mesir

Baca juga: King Long, Pionir Bus Tiongkok Di Jazirah Arab

Desain bus terbaik versi Red Dot 2024. 'selendang' ada di roof