KIA PBV: Konsep Kendaraan Modular Masa Depan

KIA PBV: Konsep Kendaraan Modular Masa Depan
Memakai p;atform mobil listrik murni
 

Ajang IAA Transportation 2024 di kota Hannover, Jerman, merupakan salah satu perhelatan berbagai teknologi seputar kendaraan komersial di dunia. Berbagai pabrikan maupun produsen komponen yang fokus kendaraan komersial mempertontonkan berbagai teknologi termutakhir mereka.

Salah satunya adalah Kia, pabrikan yang satu naungan dengan Hyundai ini menghadirkan bintang mereka yang dinamai PBV atau Platform Beyond Vehicle. Dimana produk ini secara resmi sebenarnya sudah hadir di awal tahun ini.

Bagi Kia, PBV merupakan platform spesial untuk mendukung mobilitas sekaligus sejumlah aktivitas pemakainya dalam satu kendaraan. Sesuai dengan konsep modular yang diboyongnya.

Varian PBV, PV5 di sebelah kiri dan PV7 yang merupakan varian terbesar 

Konsep peruntukan kabin pada KIA PV5 

KIA PBV 2024Sebagai basis kendaraan modular, ada  pada produk PV5. Dibangun dengan menggunakan teknologi desain SDx, yang merupakan teknologi unggulkan dari Hyundai Motor Group. Dimana peranti lunak ini bisa mendesain sebuah kendaraan untuk kebutuhan apapun dalam satu platform.

Dalam konteks PBV, mobil ini nantinya akan bisa menggabungkan antara kebutuhan wirausaha sekaligus lifestyle. Oleh karena itu secara penampilan umum PBV menjadi nampak lapang sekaligus fleksibel di sisi interiornya.

PBV merupakan harapan Kia untuk bisa menyodorkan produk yang dapat dimodifikasi seusia kebutuhan spesifik penggunanya. Nampaknya ini memang akan menjadi ‘tema’ masa depan bagi para produsen kendaraan komersial dimana ragam utilitas pemakaian bisa dilakukan dalam satu produk.

Hal yang unik, mobil ini akan diposisikan sebagai moda transportasi tanpa pengemudi. Tidak heran bahwa setiap unit PBV, jika dimanfaatkan sebagai kendaraan berniaga, akan bisa memuat data rute serta lokasi yang dibutuhkan untuk bisa disinggahi pemiliknya dan semua dikenadlikan oleh fitur kecerdasan buatan.  

Nantinya PBV sendiri, khususnya PBV5 sebagai model dasar, akan hadir dalam sejumlah varian. Yaitu; Basic, Van, High Roof, dan Chassis Cab

Baca juga: Toyota Mulai Uji Coba Hilux Hidrogen

Baca juga: Ford F-150 Lightning “SuperTruck”: Pikap Tercepat Tahun 2024?

KIA PV5 varian chassis cab