Mercedes-Benz eActros 600, Truck of The Year 2025

Mercedes-Benz eActros 600, Truck of The Year 2025
Performanya bisa secara aktual menyesuaikan kondisi jalan
 

Perhelatan IAA Tranpsortation 2024 di kota Hannover, Jerman, beberapa waktu lalu juga diselingi penobatan kendaraan komersial terbaik. Kali ini, Mercedes-benz aActros 600, berdasarkan telaah dari jurnalis yang berkompetensi di bidang kendaraan niaga dari 24 negara Eropa sebagai truk terbaik.

Para panelis sepakat bahwa spesifikasi serta performa truk termutakhir dari Mercedes-Benz itu adalah yang terbaik saat ini. Sebut saja jarak tempuh yang 500 kilometer dengan sekali isi daya listrik.

Pencapaian ini diketahui saat program uji langsung beberapa waktu lalu yang telah melewati jarak tempuh 15 ribu kilometer dengen menyusuri berbagai kota yang termasuk 22 negara di Eropa. Pengujian itu juga melibatkan adanya beban kombinasi sampai 40 ton selama masa uji jalan itu.  

Karin Rådström, CEO Mercedes-Benz Trucks, menerima langsung perghargaan itu yang diserahkan oleh Gianenrico Griffini, selaku Chairman dari panelis. ”Dari tahap awal, eActros 600 memang didesain sebagai truk listrik sejati.  Performa sistem kelistrikan serta baterainya nyata bisa berfungsi dengan baik di semua medan pengujian serta sejumlah simulasi operasional yang ada,” ungkap Gianericco.

Kari sendiri mengungkapkan,”Mayoritas anggota juri ikut serta dalam setiap tahapan pengujian, termasuk mengemudikan sendiri eActros 600. Mereka jadi membuktikan sendiri performa dari truk ini.”

Secara umum kisi-kisi penilaian dalam menentukan truk terbaik melibatkan sejulah faktor seperti; potensi inovasi paling signifikan dalam konteks kendaraan niaga, standar emisi, tingkat keamanan, kepraktisan dalam hal operasional, serta kenyamanan saat dikendarai.

Tenaga yang bisa dihasilkan oleh eActros 600 secara rerata bisa mencapai 400 kW, setara 536 daya kuda. Sementara itu peak output-nya bis amencapai 600 kW, setara 804 daya kuda.

Truk ini juga dilengkap beragam fitur canggih seperti; Predictive Powertrain Control (PPC) dalam fasilitas cruise control-nya serta transmission control system. Keduanya secara spesifik bisa menyesuaikan kinerja transmisi dengan pasokan daya dari motor listrik.

PPC ini juga bisa secara otomatis menyesuikan kinerjanya juga berdasarkan kontur permukaan jalan yang dilintasi. Termasuk juga dapat mengalirkan tenaga sesuai kondisi lalu lintas yang sedang dilewati sehingga konsumsi energinya bisa dihasilkan secara efisien.

Produksi perdana truk ini akan dilakukan akhir tahun ini juga.  

Baca juga: Mercedes eActros 600 Sudah Uji Jalan Di Jerman

Baca juga: Seribu Truk eActros Buat Angkut Semen Dipesan Holcim