Seribu Truk eActros Buat Angkut Semen Dipesan Holcim

Seribu Truk eActros Buat Angkut Semen Dipesan Holcim
Khusus untuk angkut semen curah
 

Tahun lalu raksasa konstruksi asal Swiss, Holcim, memesan seribu unit ‘truk molen’ tenaga listrik buatan Volvo. Tahun ini, jumlah yang sama juga dipesan dari pabrikan Mercedes-Benz, dan semuanya juga bertenaga listrik.

Semua unit yang terpesan akan beroperasi di berbagai wilayah kerja Holcim di seantero Eropa.

Disebutkan oleh Miljan Gutovic, Region Head Holcim Europe, pihaknya selalu berupaya untuk memanfaatkan peranti kerja, khususnya alat angkut berat, yang berspesifikasi nihil emisi. Hal ini sesuai dengan target Holcim yang sampai 2030 akan menggunakan kendaraan kerja berspesifikasi heavy-duty truck yang tanpa emisi.

Pihak Mercedes-Benz melalui Karin Radstrom selaku CEO Mercedes-Benz Trucks menyebutkan bahwa kolaborasi dengan kampiun konstruksi asal Swiss itu merupakan langkah signifikan dalam maksimalisasi kegiatan operasional kendaraan kerja.

Berbeda dengan Volvo yang dipesan tahun lalu dengan peruntukan sebagai ‘truk molen’, seluruh truk eActros 600 akan menjalankan fungsi sebagai pengangkut semen curah.

Semua armada eActros 600 itu akan mulai diproduksi pada paruh akhir tahun 2024.

Bagi Mercedes-Benz sendiri juga tengah menyiapkan setidaknya 50 prototype eActros 600 yang nantinya akan dipilih oleh pihak Holcim sebagai varian produk yang dianggap paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: Holcim Luncurkan 1.000 Truk Molen Tenaga Listrik

Baca juga: Truk Semen Tenaga Listrik Pertama Di Inggris