Kabupaten Bantul Akhirnya Rilis Bus Sekolah

Kabupaten Bantul Akhirnya Rilis Bus Sekolah
Tidak dikenakan biaya alias gratis
 

Menyediakan sarana bagi seluruh anggoat masyarakat sejatinya merupakan salah satu tugas mendasar dari setiap pemerintah daerah di Indonesia. Seperti yang dilansir oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul, merilis bus sekolah pada 17 Agustus 2024, sedianya akan dilakukan pada tanggal September 2024 alias bersamaan dengan Hari Perhubungan Nasional.

Kepala Dishub Bantul Singgih Riyadi mengatakan, sebelum diperkenalkan, bus sekolah bantuan dari Kementerian Perhubungan berwarna putih dan kuning tersebut telah diuji rute. Selain itu, Dishub Bantul juga telah melakukan branding terhadap bus dengan kapasitas 25 tempat duduk tersebut. Seperti diikuti dari laman Harian Jogja.  

Bus ini akan melayani pelajar di wilayah Bantul wilayah barat dengan  waktu operasional akan dilakukan mulai sebelum jam masuk sekolah hingga pulang sekolah.

Menurut Singgih, bus sekolah tersebut nantinya akan menempuh jalur dari SMP Pangudi Luhur di Sedayu melewati Kapanewon Pajangan, Pandak, dan Bantul. Setidaknya ada 13 sekolah baik SMP maupun SMA yang dilalui bus sekolah. Bus sekolah tersebut akan difokuskan untuk menampung siswa SMP. Sebab, usia dari siswa SMP belum diperbolehkan untuk menggunakan sepeda motor.

"Harapannya, ke depan, kami bisa mengembangkan ke jalur lainnya," terang Singgih lagi.

Sementara itu, Kepala Bidang Angkutan Dishub Bantul, Toto Pamudji Rahardjo, menambahkan layanan bus sekolah gratis telah disosialisasikan kepada sekolah yang akan dilewati. Bahkan, telah dilakukan uji rute yang dilewati bus.

"Dengan jarak tempuh yang ada, kami yakin siswa yang dilewati akan terangkut. Karena tujuan dari keberadaan bus sekolah adalah mengurangi angka kecelakaan lalu lintas," kata Toto menjabarkan.

Ketua Komisi D DPRD Bantul, Suratman, berharap agar ke depan rute dan jumlah armada bus sekolah di Bantul bisa ditambah. Oleh karena itu, Komisi D telah berkoordinasi dengan Komisi C agar ada anggaran untuk pengadaan armada bus sekolah pada 2025. Apalagi, kata Suratman, pihaknya melihat keberadaan bus sekolah juga dibutuhkan oleh siswa di kawasan Bantul timur.

"Harapannya siswa yang utamanya tinggal di daerah pegunungan bisa dilayani dengan bus sekolah," harap Suratman.

Baca juga: Bus Tayo Tangerang Sudah Angkut Setengah Juta Penumpang

Baca juga: Kabupaten Bogor Operasikan Bus Kota Listrik Tahun Ini

Rute resmi bus sekolah Kabupaten Bantul 2024