California Operasikan Ribuan Bus Kota Hidrogen

California Operasikan Ribuan Bus Kota Hidrogen
Proyek raksasa untuk ukuran Amerika Serikat sekalipun
 

Amerika Serikat, sampai saat ini merupakan wilayah yang paling tinggi intensitas konversi energy di segala bidang. Termasuk terhadap kendaraan bermotor, baik passanger vehicle maupun commercial vehicle. Terutama di negara bagian California yang juga menjadi area pelopor kendaraan non fosil di sana.

Salah satunya yang dilakukan oleh Depertemen Energi Amerika Serikat yang secara bertahap merilis tak kurang dari seribu unit bus kota tenaga hidrogen yang kali ini untuk area San Fransisco. Ini merupakan bagian dari proyek pengadaan bus ramah lingkungan senilai 12,6 miliar dolar AS.

Program yang sama juga menjadi bagian dari pencanangan pengoperasian bus tanpa emisi sampai tahun 2030 di negara bagian California.

Semua unit bus itu akan dioperasikan oleh Orange County Tranpsortation Authority (OCTA).

Bus tenaga hidrogen sendiri mengalami pertumbuhan yang pesat di Amerika Serikat. Tahun 2023 ada pertumbuhan smpai 23 persen atau setara ada kenaikan dari 211 unit menjadi 327 unit di tahun lalu.

Untuk akselerasi program ini diawasi oleh komisi yang dinamakan Alliance for Renewable Clean Hydrogen Energy System (ARCHES) yang juga punya rencana jangka panjang untuk mewujudkan konsep pertumbuhan ekonomi tanpa karbon sampai tahun 2045.

Karena pengadaan bus tanpa emisi itu merupakan program nasional yang harus berhasil pencapainnya maka kegiatan ini, untuk wilayah California, melibatkan setidaknya 13 operator bus yang secara paralel akan mengoperasikan bus hidrogen itu dalam kurun waktu lima smapai delapan tahun ke depan.

Program ini juga akan mengikut sertakan revitalisasi 19 titik refueling dan fasilitas pemeliharaan bus hidrogen.

Baca juga: Tes Truk Hidrogen Toyota-Coca-Cola-Air Liquide

Baca juga: Toyota HiAce “Hidrogen” Mulai Tes Di Australia