TransJakarta Beroperasi Sampai Tengah Malam Hari Ini

TransJakarta Beroperasi Sampai Tengah Malam Hari Ini
Antisipasi angkut ribuan peserta Misa Paus di GBK Senayan
 

Pemerintah Provinsi  DKI Jakarta mengimbau peserta misa akbar Pemimpin Katolik Dunia Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pada 5 September 2024 agar menggunakan transportasi umum seperti kereta MRT Jakarta dan bus TransJakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan telah berkoordinasi dengan operator transportasi publik di DKI Jakarta untuk memberikan dukungan penuh demi kelancaran mobilitas jemaat misa.

"Untuk mendukung hal tersebut, beberapa rute layanan TransJakarta yang beroperasi di sekitar kawasan Gelora Bung Karno mengalami penyesuaian,” kata Syafrin dalam keterangannya di Jakarta, pekan ini (3/9). Seperti dikutip dari Antara.

Dia lalu menyebutkan daftar kode dan nama rute layanan TransJakarta yang akan beroperasi di sekitar kawasan GBK saat misa akbar dengan kategori layanan Angkutan Umum Integrasi dan Bus Rapid Transit (BRT) antara lain 1B (Stasiun Palmerah-Transport Hub Dukuh Atas), 1F (Stasiun Palmerah-Bundaran Senayan), 1N (Tanah Abang-Blok M).

Lalu, 1P (Senen-Blok M), 4C (Pemuda Merdeka-Bundaran Senayan), 6D (Stasiun Tebet-Bundaran Senayan), 6M (Stasiun Manggarai-Blok M), 8N (Kebayoran Lama-Petamburan).

Kemudian, 1 (Blok M-Kota), 9 (Pinang Ranti-Pluit), 10H (Tanjung Priok-Bundaran Senayan), 3F (Kalideres-Senayan Bank DKI), 6V (Ragunan-Senayan Bank DKI).

Kemudian, 9A (Cililitan-Grogol), 9C (Pinang Ranti-Bundaran Senayan), M1 (Blok M-Kota), dan M9 (Pinang Ranti-Pluit).

Syafrin berharap beroperasinya rute layanan TransJakarta pada kawasan GBK ini dapat memudahkan akses transportasi bagi warga yang ingin mengikuti misa atau berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan tersebut.

“Peserta misa diimbau untuk memperhatikan informasi terkini terkait layanan TransJakarta melalui kanal-kanal resmi agar rencana perjalanan dapat disesuaikan dengan baik,” kata dia menjelaskan.

Sementara itu, PT MRT Jakarta (Perseroda) menyatakan layanan beroperasi normal saat misa akbar yaitu pukul 05.00 WIB - 24.00 WIB dengan selang waktu 5 menit pada jam sibuk (07.00 - 09.00 & 17.00 - 19.00) dan 10 menit di luar jam sibuk.

Terminal Kampung Rambutan jadi kantong parkir

Sementara itu, pengelola Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, menyiapkan kantong parkir bagi umat Katolik yang akan mengikuti misa akbar Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (5/9).

Terminal ini menjadi salah satu titik penampungan dan pemberangkatan ribuan umat Katolik yang akan menghadiri misa tersebut.

Kasubag Tata Usaha (TU) Unit Pengelola Terminal Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Yusrizalsyah, ketika dikonfirmasi di Jakarta, Rabu, mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan area kantong parkir untuk menampung kedatangan ribuan jemaat umat Katolik dari berbagai daerah.

"Mereka datang menggunakan bus dan nantinya setibanya di Terminal Kampung Rambutan akan diantar menggunakan bus lainnya," katanya.

Di Jakarta Timur terdapat dua titik keberangkatan ribuan jemaat yang akan menghadiri misa akbar di GBK, yakni di Terminal Bus Kampung Rambutan akan diberangkatkan 100 armada bus dan di kantor PT TransJakarta  yang akan memberangkatkan 200 armada.

"Ada dua titik keberangkatan jemaat umat Katolik yang akan menuju ke GBK besok. Yakni di Terminal Bus Kampung Rambutan dan di kantor PT TransJakarta," kata Yusrizalsyah.

Menurut dia, proses pemberangkatan jemaat dari Terminal Bus Kampung Rambutan pada Kamis (5/9). Ribuan jemaat dari berbagai daerah itu tiba di terminal mulai dari pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB karena pelaksanaan misa akbar diperkirakan dimulai pukul 17.00 WIB.

Terminal Kampung Rambutan hanya menyiapkan area untuk menampung kedatangan 100 bus yang membawa ribuan jemaat Katolik. Sedangkan armada yang digunakan untuk mengangkut jemaat menuju GBK, belum diketahui apakah menggunakan bus TransJakarta atau tidak.

Baca juga: Polda Metro Siapkan Parkir 1.800 Bus di GBK

Baca juga: Transjakarta Akan Tambah Jam Operasi Jam Malam Hari Kamis