GIIAS 2024: Inilah Kolaborasi Bagong-Mitsubishi Fuso-Tentrem

GIIAS 2024: Inilah Kolaborasi Bagong-Mitsubishi Fuso-Tentrem
Masih versi prototype dengan detail inovasi pada sasis
 

Boleh jadi seiring tema GIIAS 2024 yaitu “Innovations Meet Inspiration” membuat banyak produk kendaraan angkut barang dan penumpang yang hadir dengan desain, fitur, serta teknologi terbaru.

Baik yang dibawa dari principal maupun yang hasil inovasi karya engineer nasional. Salah satunya ada di Hall 1 di booth Mitsubishi Fuso, ada unit bus prototype atau purwarupa berbasis Canter seri FE84G BC yang berbalut bodi karya karoseri Tentrem.

Penentu dasar penamaan ‘prototype’ adalah inivasi pada sasis, detailnya memanjangkan wheelbase, untuk melihat potensi daya topang maksimal seiring daya angkut penumpang yang bertambah sekaligus untuk melihat secara langsung soal durabilitas.

“Juga untuk melihat animo pasar terhadap sasis bus produk Mitsubishi Fuso dan juga Tentrem,” buka Danitaka, Marketing Officer PT Tentrem Sejahtera. Sejurus kemudian juga diterangkan olehnya bahwa unit bus tersebut memang masih butuh sejumlah penyempurnaan di sisi teknis.

Sebab, masih dijelaskan oleh Dani, wheelbase bawaan Mitsubishi Fuso sepanjang 3.850 mm yang dijadikan lebih panjang di angka 4.200 mm. “Sasisnya pada unit prototype ini lebih panjang sekitar 35 cm atau 350 mm,” ujar Dani lagi.

Hasilnya, kapasitas terpasang untuk angkut penumpang menjadi 32 orang.

Potensi jumlah penumpang itu sudah mendekati ketersediaan bangku penumpang untuk bus AKDP atau bumel yang di rentang 40-50 penumpang.

Dipungkaskan oleh Dani bahwa usai perhelatan GIIAS unit bermesin 3.907 cc dengan tenaga puncak 136 PS atau setara 134,1 daya kuda masih akan menjalani rangkaian pengujian lanjutan.

Baca juga: GIIAS 2024: Desain ‘Out of The Box’ Karya Trijaya Union

Baca juga: GIIAS 2024: Tampilan Medium Bus Makin Maksimum

Kompartemen penumpang jadi lebih lapang

Ada opsi juga untuk penyempurnaan struktur kaki-kaki

Ini sasis FE84G BC bawaan pabrik Mitsubishi Fuso