Mibot, Van Terkecil Paling Canggih Saat Ini?

Mibot, Van Terkecil Paling Canggih Saat Ini?
Sudah bisa dipesan mulai bulan Agustus 2024
 

Di antara gemuruh pabrikan raksasa dalam membuat produk yang berdimensi layaknya sebuah mobil tetap ada pabrikan, umumnya berupa startup, yang menghadirkan kendaraan dengan dimensi cilik.

Seperti yang dilakukan oleh KG Motors Co., Ltd. yang bermarkas di Hiroshima, Jepang. Unit bisnis teknologi mobility ini melansir apa yang disebut sebagai small mobility robot dengan nama "Mibot". Pengiriman perdana akan dilakukan bulan September 2025, pemesanan juga sudah bisa dilakukan saat ini. Seperti tertera pada laman resminya.

Harga mobil ini di Jepang yaitu 1 juta Yen, setara Rp105 jutaan.  

CEO KG Motors Co., Ltd Kazunari Kusunoki menyebutkan bahwa Mibot merupakan mobil kecil, single seater, bertenaga listrik yang diciptakan dengan konsep sustainable mobility. “Kami menginginkan setiap orang bisa bepergian secara bebas, aman, nyaman, dan dengan biaya terjangkau. Hal itu sesuai dengan motto kami; "Future where tomorrow is better than today."

Ditegaskan lagi oleh Kusunoki-san, pihaknya memang tidak fokus pada faktor jarak tempuh dan sejenisnya yang menurutnya merupakan konsep yang ‘biasa’. “Kami membuat mobil yang bisa menjamin soal ‘having fun and enjoying it’,” tegasnya.

Desainnya berkarakter retro

 

Kabin hanya untuk muatan dan satu orang

 

 

Berbekal dimesi yang kecil namun mobil itu bisa menampung muatan sampai 45 kilogram.

 

Karena ditegaskan oleh Kusunoki-san bahwa Mibot adalah kendaraan yang menyenangkan bukan berarti jarak tempuhnya tidak diseriusi. Mibot bisa melaju sampai 100 kilometer dengan sekali isi daya listrik AC 100V, bisa dipakai juga untuk melintasi jalur menanjak dengan kemiringan sampai 13 derajat.

Kecepatan puncaknya 60 km/jam, dalam pengujian bisa dicapai kecepatan konstan sampai 30 km/jam.

Itu sebuah tingkatan yang cukup untuk kendaraan dengan komposisi dimensi; panjang 2.490 mm, lebar 1.130 mm, dan tinggi 1.465 mm.  

Baca juga: Daihatsu Vizon-F, Tes Pasar Wajah Baru Gran Max?

Baca juga: Mitsubishi L100 Rilis Perdana Di IIMS 2024

Desain kabin yang compact dan fungsional

Masih bisa digendong oleh van big size