BisKita Trans Depok Terhubung Jalur LRT

BisKita Trans Depok Terhubung Jalur LRT
Bantu reduksi pemakaian motor penduduk Depok
 

Biskita Trans Depok mulai beroperasi akhir pekan ini (14/7), yang sekaligus berfungsi sebagai bus pengumpan (feeder) menghubungkan pusat kota Depok ke Stasiun Lintas Rel Terpadu (LRT) Harjamukti.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan pengoperasian Biskita Trans Depok tersebut di Stasiun LRT Harjamukti, Kota Depok, Jawa Barat. "Biskita ini bisa dikembangkan oleh Pemerintah Kota Depok sehingga bisa meningkatkan pengguna LRT di wilayah kota tersebut," kata Budi Karya Sumadi. Seperti dikutip dari Antara.

 Budi mengatakan keberadaan LRT dan Biskita Trans Depok ini bisa mengurangi kemacetan dan mengangkut ribuan warga yang beraktifitas. "Perumpamaan ini mampu mengurangi kemacetan dan beberapa ribu orang bisa diangkut dengan moda transportasi ini," harapnya.

Alokasi dana pemda setempat untuk operasional dan pemeliharaan

Dinyatakannya lagi, bahwa pemerintah pusat telah menyediakan program yaitu Buy The Service (BTS). Untuk itu, pemerintah daerah dan pihak swasta bisa membantu untuk transportasi di daerah sebagai feeder LRT.

 "Transportasi antarmoda ini harus diutamakan dan diurus secara serius. Oleh karena pemerintah pusat menyediakan yang namanya BTS artinya pemerintah memberi peluang swasta untuk menghubungkan beberapa titik transportasi dalam hal ini LRT," ujarnya.

"BTS ini menjadi suatu program dan juga program daerah. Saya menjelaskan bahwa catatan kami ada beberapa provinsi yang sudah mengalokasikan dari APBD seperti Banten, Semarang, Bali dan Banjarmasin. Saya yakin bahwa Bogor, Depok, Bekasi, mampu mengalokasikan APBD untuk Biskita yaitu feeder LRT satu, dua , dan tiga," kata Budi lebih lanjut.

LRT yang telah dibangun sendiri merupakan bentuk angkutan massal sehingga banyak warga antusias menggunakan transportasi. Sebagai contoh, LRT dari Stasiun Harjamukti ke Dukuh Atas dan juga dari Stasiun LRT di Bekasi.

"Saya bicara LRT sebagai angkutan massal. Dari Harjamukti ke Dukuh Atas dan dari Bekasi juga. Tingkat LRT membaik. Sisi lain juga banyak membantu masyarakat," katanya berharap.

Lebih lanjut Budi mengimbau pemerintah daerah untuk bisa mengalokasikan dana untuk mendukung moda LRT.  "Ini kegiatan bersama bukan pemerintah pusat saja tapi ini kewajiban. Ini kita bersama pemda me-launching Biskita Trans Depok akan lebih keren jumlahnya nambah warga Depok tidak usah naik motor untuk berpergian," kata Budi.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan Biskita Trans Depok beroperasi di kota tersebut.  Terkait pemerintah daerah yang perlu membantu operasional serta pemeliharaan melalui APBD untuk feeder LRT sambung Imam, pemerintah kota Depok siap melakukannya dengan menetapkan alokasi dana untuk APBD 2025.