Pakai Bodi Double Decker, Seberapa Nyaman Naik Sleeper Bus PO Juragan 99 Trans?

Pakai Bodi Double Decker, Seberapa Nyaman Naik Sleeper Bus PO Juragan 99 Trans?
PO Juragan 99 Trans punya inovasi unik dengan menghadirkan kelas full sleeper ke bus double decker. Basisnya Volvo B11R berbalut bodi Jetbus 5 garapan karoseri Adiputro. Gimana sensasinya?
 

Bus dengan kelas sleeper di bodi Double Decker biasanya hadir sebagai pelengkap yang ditempatkan di dek bawah. Memang, ada pula yang di bagian atas seperti milik PO 27Trans yang berbodi Avante H8 Grand Captain, tapi bus ini pun bukan bertipe full Sleeper lass.

Nah, PO Juragan 99 Trans punya inovasi unik dengan menghadirkan kelas full Sleeper ke bus Double Decker. Basisnya Volvo B11R berbalut bodi Jetbus 5 garapan karoseri Adiputro.

Atas undangan PO Juragan 99 Trans, Bus-Truck.id berkesempatan menjajal bus yang sukses mendapat rekor MURI sebagai sleeper bus double decker pertama di Indonesia. 

Tak tanggung, rute yang ditawarkan langsung full trip Jakarta ke Malang, Jawa Timur bersama bus berjuluk Tweety ini. Bagaimana impresi dan sensasinya? Yuk, kita ulas. 

Saat berangkat, kami mendapat jatah di seat nomor 3A. Karena berkelas sleeper, maka tempat duduknya kebih mirip seperti ruang di hotel kapsul atau pod ketimbang jok bus standar. 

Interior Bus Juragan 99 Trans

Bagi kami, ruangannya terbilang cukup. Tak terlalu luas, tapi juga tidak sempit. Posisi badan dan kaki masih nyaman meski ruang gerak terbatas. Letaknya yang di atas pun bikin kami 'mager' untuk sekadar memakai toilet.

Untungnya fasilitas dalam pod tersebut komplet, diantaranya ada TV, electric adjustable seat, USB charger, meja mungil yang terdapat di dalam arm rest. Serta colokan headset dan louver AC.

Tiap penumpang juga langsung diberikan sandal yang bisa digunakan di dalam bus. Sedangkan alas kaki bisa disimpan di tempat khusus. Ada pula bantal, guling dan selimut. 

Oiya, tiap penumpang juga mendapat snack dan earphone untuk kenyamanan mendengar suara siaran dari TV dengan lebih privat. Privasi penumpang juga terjaga dengan adanya tirai di tiap sisi pod. 

Perjalanan dimulai dari pool Juragan 99 Pondok Pinang, Jakarta Selatan, pukul 16.37 WIB. Lalu mengarah ke terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, dilanjutkan ke pool Bekasi yang berlokasi di mal BTC. Lepas dari Bekasi pukul 18.00, bus langsung masuk tol dan diarahkan menuju timur.

Rumah Makan Rosin, tempat servis makan armada J99 Trans

Bus baru berhenti lagi saat istirahat makan malam di RM Rosin, Subang, Jawa Barat yang diperkirakan pada pukul. 19.30 WIB. Penumpang bus bisa menukarkan kupon makan gratis di sini. Pukul 20.15 WIB perjalanan dilanjutkan dari RM Rosin. Kemudian bus tiba di pool Medaeng, Surabaya pada pukul 04.00  WIB dan dilanjutkan ke Malang, hingga tiba di titik akhir sekitar pukul 05.40.

Menurut kami, dengan harga tiket Rp 620 ribu penumpang di ruangan atas akan mendapatkan pengalaman transportasi yang nyaman dan mirip dengan memakai hotel kapsul. Ketepatan waktu perjalanannya juga baik. 

Pool Juragan 99 Trans Pakis, Malang

Tapi catatannya, selama diperjalanan kami yang posisinya di bagian atas cukup merasakan goyangan bus saat melewati jalanan yang bumpy, atau ketika bermanuver. Untungnya kedua driver bus Tweety ini cukup halus pembawaannya. Sehingga goyangan hanya terasa di beberapa titik, terutama sektor tol yang tengah perbaikan jalan.

Jika ingin lebih nyaman, Anda bisa pilih seat di bagian bawah yang juga lebih mudah untuk akses keluar masuk ruangnya. Hanya saja ada perbedaan harga tiket, di mana seat bawah dilepas Rp 640 ribu. 

Selain itu, pastikan juga Anda membawa jaket saat perjalanan. Karena, meski sudah tersedia selimut dan louvre sudah disetel seminimal mungkin namun hembusan AC masih terasa sangat dingin. 

Baca juga: Ternyata Ini Maunya Penumpang Bus Double Decker…

Baca juga: Juragan 99 Trans: Perkuat Identitas Dengan Nama Bus Unik