Ini Jenis Solar Yang Dijual Oleh Pertamina

Ini Jenis Solar Yang Dijual Oleh Pertamina
Pilih sesuai spesifikasi mesin diesel dan rekomendasi APM
 

Beberapa waktu lalu (15/8) pihak Gunung Harta melakukan perjanjian dengan pihak PT Pertamina Patra Niaga (PPN) untuk pemakaian bahan bakar solar non subsidi Dex Series pada seluruh armada Gunung Harta yang digunakan.

Pihak PT Gunung Harta Transport Solution lewat sang Diretur, I Gede Yoyok Santoso, menyebutkan bahwa komitmennya untuk menggunakan produk non subsidi Dex Series di seluruh armada karena lebih efisien.

"Biasanya bus dua kali PP sudah ganti filter, sekarang tujuh kali. Ini berdampak juga pada mesin dan oli. Selisih harganya dikalkulasi tetap lebih efisien dibanding harus keluar biaya perawatan lebih besar," katanya mengungkapkan salah satu manfaat pemakaian bahan bakar soalr yang sesuai dengan spesifikasi mesin.

Nah, pihak Pertamina sendiri saat memasarkan bahan bakar untuk mesin diesel berdasarkan angka setana, cetane number (CN). Berdasarkan informasi dari laman pertamina.com, angka Setana merupakan ukuran unjuk kerja penyalaan bahan bakar, dimana angka setana yang tinggi akan memperkecil waktu keterlambatan penyalaan bahan bakar.

Hal itu karena proses pembakaran mesin diesel sepenuhnya mengandalkan udara yang dikompresi untuk mencapai suhu tertentu sehingga bahan bakar terbakar dengan sendirinya. Dikarenakan mesin diesel tidak memiliki komponen pemantik bahan bakar seperti busi yang ada pada mesin bensin. Sehingga memerlukan bahan bakar yang bisa terbakar sendiri saat terjadi proses kompresi di ruang bakar mesin.

Pertamina Dex

Pertamina Dex merupakan bahan bakar diesel dengan CN tertinggi yaitu 53. Solar jenis ini mampu menjaga mesin dan meningkatkan power mesin secara maksimal serta menjaga lingkungan dengan emisi gas buang yang rendah.

Dengan menggunakan Pertamina Dex, maka pembakaran jadi lebih sempurna sehingga menghasilkan suara mesin yang jauh lebih halus sekaligus kinerja mesin yang lebih bertenaga.

Selain itu, Pertamina Dex memiliki kandungan sulfur rendah dan mengandung additive untuk mencegah korosi tempat penyimpanan dan saluran bahan bakar. Bahan bakar ini digunakan pada mesin diesel putaran tinggi serta sesuai dengan mesin diesel dengan teknologi terbaru.

Dexlite

Dexlite merupakan varian bahan bakar diesel yang memiliki CN minimal 51 dan mengandung Sulfur maksimal 1200 ppm. yang mengandung minyak nabati atau Biodiesel yang besar campurannya sesuai dengan regulasi lewat peraturan Menteri ESDM No. 12 tahun 2015. Dimana mulai 1 Januari 2020 dicampur sebesar 30 persen menjadi B30.

Dexlite adalah jenis bahan bakar diesel yang menghasilkan emisi yang ramah lingkungan. Dexlite digunakan pada mesin diesel putaran tinggi seperti pada sektor pertambagan, perkapalan, kendaraan komersial, dan lan-lain.

Biosolar

Biosolar merupakan bahan bakar destilasi yang mengandung minyak nabati atau Biodiesel yang besar campurannya sesuai dengan regulasi lewat peraturan Menteri ESDM No. 12 tahun 2015. Dimana mulai 1 Januari 2020 dicampur sebesar 30 persen menjadi B30, Bahan bakar ini digunakan pada mesin diesel putaran tinggi seperti pada sektor pertambangan, perkapalan, kendaraan komersial dan lain-lain.

Baca juga: Gunung Harta Komitmen Pakai Solar Dex

Baca juga: ESDM: Bahan Bakar Hidrogen Potensial Untuk Bus Dan Truk