Bus Sleeper Double Decker Pertama PO Juragan 99 Cetak Rekor MURI

Bus Sleeper Double Decker Pertama PO Juragan 99 Cetak Rekor MURI
PO Juragan 99 Trans asal Malang punya inovasi unik dengan menghadirkan kelas full sleeper tersebut di bus doble decker.
 

Saat ini kebanyakan bus bertipe full Sleeper yang beroperasi di Indonesia hadir dalam bodi berbasis Single Deck. Ada pun pengguna bus Double Decker kerap menggabungkan kelas Sleeper dan kursi biasa dalam satu unit bus. 

Namun PO Juragan 99 Trans asal Malang punya inovasi unik dengan menghadirkan kelas full Sleeper tersebut di bus Double Decker. Kelebihannya, volume penumpang jadi lebih banyak, yakni 24 seat dan bagasi yang luas. 

Hal ini pun menjadikan bus dengan bodi Jetbus 5 garapan Adiputro ini mecetak rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) ke-3 dari PO Juragan 99 Trans. Penghargaan ini diberikan pada pekan ini (4/9) di pool PO Juragan 99 Trans, di bilangan Pondok Pinang, Jakarta Selatan. 

Sebelumnya, PO Juragan 99 Trans sukses meraih rekor MURI di kategori pengguna big bus pertama dengan kapasitas 11 penumpang. Serta pemilik inovasi toilet bus pertama yang bisa dipakai untuk BAB. 

"Rekor itu inovasi dari pelaku usaha. Saat ini kami sudah mendapatkan tiga rekor MURI. Namun kedepannya kami juga ingin mencetak rekor-rekor baru lagi," ucap Gilang Widya Pramana, owner PO Juragan 99 Trans disela acara. 

Lebih lanjut, dirinya berpendapat jika diraihnya sejumlah rekor ini diharapkannya dapat memicu perkembangan baru di dunia transportasi bus. "Kami hadir di sini bukan untuk menantang pemain yang sudah ada. Namun mengajak para PO bus lain untuk sama-sama berkembang dan berinovasi bagi konsumen," urai Gilang. 

Inovasi dan diferensiasi juga menjadi kunci dari PO Juragan 99 Trans saat masuk ke segmen AKAP (antar kota antar provinsi) pasca pandemi. 

"Bus dulu dianggap transportasi untuk kaum marjinal, untuk kelas bawah, di mindset saja buat kaum pekerja. Itu saya nggak mau. Saya mau kasih alternatif ke kelas menengah dan atas untuk naik bus. Caranya dengan memberi fasilitas seperti kereta dan pesawat dengan harga tiket setengahnya," pungkas Gilang. 

Baca juga: GIIAS 2024: Juragan 99 Trans Rilis Medium Bus Termewah

Baca juga: Juragan 99 Trans Gedor Jalur Malang-Bogor