GIIAS 2024: Mitsubishi Rilis Perdana Fuso eCanter Di Indonesia

GIIAS 2024: Mitsubishi Rilis Perdana  Fuso eCanter Di Indonesia
Pemasaran tahap awal fokus di kawasan Jabodetabek degan target 10 unit
 

Akhirnya, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) merilis eCanter di ajang GIIAS 2024 (17/7) yang sudah diperkenalkan secara berkala sejak tahun 2017. Rilis perdana itu menjadikan Indonesia merupakan pasar ketujuh eCanter di dunia.

Dalam sambutannya, Karl Deppen, President and CEO Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation mengatakan bahwa eCanter adalah produk teknologi canggih yang dirancang dengan mempertimbangkan konsumen dan berfokus pada kualitas, kenyamanan, daya tahan, dan keamanan.

Sejurus kemudian, pria yang menangani seluruh produk truk di bawah naungan Daimler Truck Holding AG untuk kawasan Asia, Cina, Jepang dan India itu menyebut juga bahwa dengan truk baru ini maka kegiatan ‘mampir’ di SPBU tidak perlu lagi dilakukan.

Rilis perdana pekan itu merupakan muara dari rangkaian uji coba dengan 10 calon operator guna memastikan kemampuan eCanter dalam operasional bisnis. Jarak tempuh uji langsung itu sudah menyentuh 25 ribu kilometer.

Secara spesifikasi, truk dengan nama lengkap Mitsubishi Fuso eCanter dengan wheelbase 3,4 meter itu diperkuat baterai dengan baterai ukuran M berkapasitas 83kWh. Punya kemampuan jelajah 140 kilometer dengan GVW sebesar 6 ton.

Fitur lainnya seperti eAxle, gabungan fungsi gardan, gear, motor, dan inverter yang membuat maintenance eCanter lebih mudah dan efisien.

Ada fitur safety yang 'unik' fitur Lane Departure Warning System yang memberitahu pemakai jalan lain akan posisi laju eCanter.

Tiga titik penjualan di area Jabodetabek

Untuk tahap awal, penjualan eCanter baru difokuskan pada wilayah Jabodetabek melalui tiga dealer; Dipo Internasional, Srikandi Diamond, dan Sun Star.  

Aji Jaya,  Vice President of Sales and Marketing Division KTB memberikan penjelasan mengapa untuk kali ini eCanter baru dipasarkan pada wilayah Jabodetabek. "Target dari penjualan eCanter ini adalah untuk konsumen perkotaan yang sektor bisnisnya adalah logistik. Sementara pusat bisnis logistik ada di Jabodetabek. Jadi itu yang jadi pertimbangan kita fokus penjualannya di Jabodetabek," kata Aji menjelaskan.

Setiap pembelian eCanter akan didukung bermacam garansi yang lengkap dan panjang hingga 6 tahun atau 180 ribu kilometer. Ditambah layanan Free Service selama 5 tahun.

Baca juga: Mitsubishi Fuso Targetkan Dominasi Pasar Tahun 2024

Baca juga: Mitsubishi Fuso eCanter ‘Rilis’ Di GIIAS 2024

Spesifikasi 'tidak berubah' dibandingkan versi GIICOMVEC bulan Maret 2024

eCanter saat muncul di GIIAS 2022