Naik Bus Kota Di Batam Sudah Bisa Cashless

Naik Bus Kota Di Batam Sudah Bisa Cashless
Memancing minat lebih besar dari masyarakat Batam untuk naik bus kota
 

Dalam sebuah perhelatan Rapat Koordinasi Teknis Bidang Perhubungan Darat yang digelar di Jakarta dan penutupannya pekan in (11/7), Diserahkan penghargaan terbaik untuk kategori Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) terbaik tahun 2024 yakni BPTD Kelas II Jawa Barat; BPTD Kelas II Jambi dan BPTD Kelas II Kepulauan Riau.

Sejurus itu pula Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Kepulauan Riau, juga melakukan inagurasi penerapan sistem pembayaran bus Trans Batam dengan Kartu Uang Elektronik (KUE) dalam mendukung mendorong penerapan sistem pembayaran non tunai.

Kepala Dishub Batam, Salim ,di Batam, pekan ini (12/7) mengatakan untuk mendukung hal tersebut, pihaknya melalui BLUD UPT Pelayanan Jasa Transportasi Dishub Kota Batam menjalin kerja sama dengan sejumlah bank yaitu Bank Mandiri, BRI dan BNI, BCA.

"Hadirnya layanan non tunai ini meningkatkan pelayanan bus Trans Batam. Di era digital ini hampir semua transaksi menggunakan non tunai. Bus Trans Batam sebagai salah satu fasilitas publik berupaya memberikan pelayanan yang baik," ujar Salim. Seperti dikutip dari Antara.

Dijelaskannya lagi, dengan adanya perjanjian kerja sama ini maka pelayanan pembayaran bus Trans Batam diharapkan semakin meningkat dan memudahkan masyarakat. “Paling lambat 30 hari sejak perjanjian kerja sama ini ditandatangani, e-money dari bank tersebut sudah bisa digunakan," ujarnya.

Untuk mendapatkan jenis pembayaran non tunai itu dapat diperoleh pada halte-halte bus Trans Batam di Kota Batam.

Menurut Salim lagi, pihaknya juga memiliki program naik bus bagi pegawai Dishub Batam, yaitu dalam satu pekan, pegawai memiliki kewajiban menggunakan moda transportasi bus Trans Batam. “Kami ingin memberikan contoh untuk menggunakan fasilitas umum bus Trans Batam ini. Karena bus kita juga sudah bagus, dan sudah dilakukan peremajaan. Jadi sangat layak untuk digunakan,” ungkapnya.

Ia berharapa dengan ketersediaan moda angkutan massal yang semakin terpadu di Batam akan bisa membuka ksempatan bagi masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas umum tersebut, yang didukung dengan infrastruktur yang sudah bagus juga menjadi penunjang bus Trans Batam dalam menikmati fasilitas publik.

Baca juga: Naik Sumber Alam Ke Jogja Rp600 Ribuan Sepaket Penginapan

Baca juga: Apa Itu “Jakarta Tourist Pass”?