Cerita Isuzu Indonesia Soal Ekspor Bus Ke Kenya, Awalnya Dari Foto

Cerita Isuzu Indonesia Soal Ekspor Bus Ke Kenya, Awalnya Dari Foto
Ini menjadi sejarah baru, karena baru kali ini karoseri asal Indonesia mengirim bus kelas medium ke Kenya.
 

Beberapa waktu lalu, karoseri Tentrem asal Malang mengumumkan mengenai ekspor perdana mereka ke Kenya. Unit yang akan dikirim adalah medium bus Isuzu NQR81 dengan bodi Venom dari Tentrem.

Ini menjadi sejarah baru, karena baru kali ini karoseri asal Indonesia mengirim bus kelas medium ke Kenya. Sebelumnya, Indonesia melalui karoseri Laksana sudah lebih dulu mengekspor unit big bus ke Bangladesh dan Fiji.

Yang menarik, pengiriman bus tersebut memiliki skema berbeda karena unit yang diekspor berupa komponen terurai (CKD), bukan impor utuh. Hal ini coba kami konfirmasi pada Isuzu Indonesia akhir pekan lalu.

"Yang diekspor ke Kenya itu hanya bodi dan komponen bus dari Tentrem. Sedangkan sasis dan mesinnya tetap dari Kenya," buka Puti Annisa Moelek, Marketing Communication PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Menurutnya, pihak IAMI sendiri menjadi perantara yang mengenalkan pihak Isuzu East Africa (distributor Isuzu di Kenya) dengan karoseri Tentrem asal Malang. Ekspor sendiri akan dilakukan mulai Agustus atau September tahun ini.

Di mana awalnya, Isuzu East Africa menghubungi IAMI untuk mengenalkan pada karoseri lokal di Indonesia. Ini karena mereka kerap melihat-lihat foto bus dari Indonesia dan dianggap bentuknya bagus. "Kemudian baru kami teruskan ke Tentrem," ucapnya.

Toh demikian, pihaknya tidak hanya sekadar mengenalkan kedua pihak tersebut. Karena Isuzu Indonesia juga ikut dalam pengawasan produksi dan kualitas komponen bus, hingga pengurusan proses ekspor.