GIIAS 2024: PO Bagong Borong 29 Unit Hino AK 240 “Space Frame’

GIIAS 2024: PO Bagong Borong 29 Unit Hino AK 240 “Space Frame’
Tidak hanya untuk kebutuhan rute AKDP
 

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 menampilkan bus Hino AK 240 dengan aplikasi bodi baru untuk bus besar bermesin depan. Bus ini secara resmi merupakan armada baru dari milik PO Bagong berbalut bodi rancangan karoseri Laksana.

Unit yang terpajang di Hall 1 ICE BSD, Banten. Itu merupakan bagian dari pembelian 29 unit Hino Bus AK 240 di tahun 2024. Kali ini bisa dilihat bahwa apalikasi sasis ‘space frame’ juga bisa dilakukan secara efektif pada sasis mesin depan.

Desain rangka ruang belakang ‘space frame’ yang memberikan area kargo lebih luas.

Bus mesin depan dengan teknologi terbaru dan bodi kekinian akan makin banyak dirilis di tahun 2024

Kabin bus mesin depan juga bisa tampil mewah

Secara teknis Hino AK ini bisa dimanfaatkan sebaga moda transportasi AKAP, AKDP, maupun Pariwisata. Karena dengan ruang bagasi yang lebih besar, memungkinkan perusahaan bus untuk memuat lebih banyak barang dalam satu perjalanan baik itu perjalanan jarak jauh maupun wisata. Hal ini mengurangi kebutuhan untuk pengangkutan tambahan, menurunkan biaya operasional, dan meningkatkan efisiensi bisnis.

Susilo Darmawan, Sales Director HMSI mengungkapkan di saat rilis perdana (20/7), “Hino Bus AK 240 dengan desain rangka ruang belakang space frame dapat menjadi pilihan menarik bagi PO Bus karena ini kombinasi optimal antara kinerja dan efisiensi. Desain aplikasi bodi baru ini menawarkan ruang bagasi yang lebih besar untuk mengangkut lebih banyak barang penumpang”. Seperti dkutip dari keterangan resminya.

Ditenagai oleh mesin EURO4 dengan tenaga maksimal 240 PS, Bus Hino AK 240 menawarkan performa yang handal dan ramah lingkungan. Transmisi MX06 dengan 6 percepatan serta GVW (Gross Vehicle Weight) sebesar 15 ton, memastikan bus ini mampu menghadapi berbagai medan dan kondisi jalan dengan efisiensi bahan bakar yang baik dan emisi yang rendah.

Bus Hino AK 240 turut disematkan sistem pengereman full air brake yang meningkatkan aspek keselamatan saat beroperasi. Sistem pengereman ini menggunakan udara bertekanan untuk menghasilkan gaya pengereman yang responsif, memastikan operasional yang lebih aman. Selain itu dengan penggunaan baut roda sistem ISO-10 yang sesuai dengan standar internasional. Hal ini memberikan ketenangan pikiran bagi pengemudi karena komponen bus dirancang untuk memenuhi standar keselamatan yang mumpuni.

Baca juga:: GIIAS 2024: Beli Hino Bisa Nyicil Rp900 Ribuan

Baca juga: Lebih Dekat Lagi Dengan Sasis “Space Frame”