GIIAS 2024: Mitsubishi Fuso ‘Aktivis’ Kendaran Niaga Ramah Lingkungan

GIIAS 2024: Mitsubishi Fuso ‘Aktivis’ Kendaran Niaga Ramah Lingkungan
Produk terkini semakin banyak fitur reduksi emisi
 

Jumlah kendaraan niaga yang beroperasi di Indonesia saat ini berdasarkan data korlantas.polri.go.id per Mei 2023 telah mencapai 5.934.803 unit. Sementara itu, pada bulan ini (23/7) jumlah tersebut sudah menyentuh angka 6.152.904 unit.

Dari situ bisa dicermati bahwa keberadaan kendaraan niaga tidak hanya berdampak besar pada perekonomian tapi juga lingkungan dan kondisi jalan.

Kondisi itu yang direspons PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), authorized distributor of Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation di Indonesia, saat menggelar talkshow bertajuk “Melaju Menuju Masa Depan Berkelanjutan Dengan eCanter” di sela ajang GIIAS 2024.

Dalam talkshow itu Mitsubishi Fuso menegaskan pentingnya inovasi teknologi dalam kendaraan niaga untuk berkontribusi positif pada lingkungan dan pengguna jalan.

Sebagai bukti, seluruh kendaraan niaga yang dipajang Mitsubishi Fuso di GIIAS 2024 telah dilengkapi dengan teknologi emisi Euro 4.

Sebut saja, mesin 4V21 pada Canter yang berstandar Euro 4, serta mesin 6M60 di Fighter X dengan teknologi Common Rail dapat menghasilkan tenaga mesin yang maksimal, torsi yang lebih tinggi di range RPM yang lebih panjang sehingga performanya lebih optimal.

Selain itu, teknologi Exhaust Gas Recirculation, Positive Crankcase Ventilation, dan Diesel Oxidation Catalyst Muffler mampu menurunkan kadar emisi NOx (Nitrogen Oxide) sehingga emisi gas buang kendaraan menjadi lebih ramah lingkungan.

“Kami sebagai market leader di kendaraan komersil di Indonesia tentunya akan selalu support kebijakan-kebijakan dari pemerintah, salah satunya dengan penerapan teknologi Euro4 di seluruh varian kendaraan truk kami,” ujar Aji Jaya, Sales & Marketing Director PT KTB, dalam keterangan resminya.

Baterai Mutsubishi Fuso eCanter berspesifikasi lithium ion 81 kWh dengan jarak tempuh hingga 100-150 km

Paket transmisi e-Axle, ada fitur regeneratif energi

 

eCanter hemat biaya operasional

 

Upaya Mitsubishi Fuso mendukung keberlanjutan lingkungan tidak berhenti di situ. Hadirnya Mitsubishi Fuso eCanter membuktikan komitmen kami yang sangat kuat untuk berkontribusi pada lingkungan tanpa harus mengorbankan kinerja kendaraan niaga dalam mendukung operasional bisnis.

 “Fuso eCanter memiliki biaya operasional yang lebih efisien hingga di angka 40 persen. Jumlah ini cukup signifikan bagi para pemilik bisnis,”. Biaya listrik untuk mengisi daya jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya bahan bakar fosil. Selain itu, eCanter memiliki lebih sedikit komponen bergerak, sehingga biaya perawatan dan pemeliharaan juga lebih rendah,” ungkap Bayu Aprizal, General Manager of Product Strategy Unit PT KTB.

Di tempat yang sama Mitsubishi Fuso juga menekankan pentingnya keselamatan jalan bagi kendaraan niaga. Tidak dipungkiri lagi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan niaga sering terjadi.

Hadirnya Mitsubishi Fuso eCanter juga jadi solusi yang diyakini mampu menekan tingginya tingkat kecelakaan lalulintas yang melibatkan kendaraan niaga.

Ambil contoh fitur Electronic Stability Program (ESP) yang tersemat dalam truk listrik eCanter. Saat ini salah satu penyebab kecelakaan lalulintas yang melibatkan kendaraan niaga adalah kondisi driver yang kurang prima dan laju kendaraan niaga yang tidak terkontrol.

Hal itu bisa dicegah dengan adanya fitur ESP seperti yang ada di eCanter. Jadi fitur keamanan yang sangat canggih ini akan menstabilkan kendaraan pada saat pengereman di situasi berbahaya sehingga pengemudi dapat tetap mengendalikan kendaraan dan menghindari kecelakaan.

Kemudian fitur Land Departure Warning System (LDWS), untuk mengontrol kendaraan yang melaju cepat untuk tetap di jalurnya. LDWS membantu mempertahankan kendali kendaraan dalam situasi mengemudi yang sulit, seperti tikungan tajam atau permukaan jalan yang licin, sehingga mengurangi risiko tergelincir atau terbalik.

Termasuk teknologi Accoustic Vehicle Alert System (AVAS) yang berperan untuk memberi peringatan kepada orang sekitar bahwa kendaraan sedang mendekat, dan tersedia juga Intelligent Headlight Control (IHC) untuk membantu pencahayaan di malam hari yang disesuaikan dengan kebutuhan secara otomatis.

Untuk meningkatkan visibilitas dan keamanan saat parkir, eCanter dilengkapi dengan kaca spion kabin yang terintegrasi dengan kamera belakang. Fitur ini membantu pengemudi dalam memarkir kendaraan dengan aman, mengurangi risiko tabrakan dengan objek atau pejalan kaki di sekitar kendaraan.

Baca juga: GIIAS 2024: Mitsubishi Rilis Perdana Fuso eCanter Di Indonesia

Baca juga: Mitsubishi Fuso Targetkan Dominasi Pasar Tahun 2024

Pembelian eCanter sepaket dengan ekosistem charging, bisa dioeprasikan dengan sistem sewa

Mitsubishi L100, van kecil tenaga listrik yang juga bisa juga dioperasikan dengan skema sewa pakai